November 24, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Penuturan PMI Pengasuh Majikan Lansia : Seorang Ibu Mengasuh 10 Anak Mampu, Tetapi Sepuluh Anak Mengasuh Satu Orang Ibu Tidak Mampu

1 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com – Seorang wanita pemilik akun Tiktok @ernawati7557 menceritakan kisah yang dialami oleh majikannya. Erna merupakan pekerja migran Indonesia (PMI) yang bekerja di  Taiwan.

Sehari-harinya, Erna bertugas menjaga seorang wanita lansia yang tengah dalam kondisi sakit. Nenek tersebut memiliki lima anak laki-laki yang seluruhnya sudah berkeluarga. Namun sayangnya, kelima anak dan menantunya tersebut tak ada satupun yang mengurusnya dan menyerahkan seluruh pekerjaan pada Erna.

“Lima anak cowok semua dan istri dari anak-anaknya (menantu) pada nggak suma sama dia (ibunya),” kata Erna dalam videonya.

Rumah nenek tersebut terpaksa dijual setelah suaminya meninggal dunia. Saat ini, nenek tersebut tinggal berpindah-pindah di rumah lima anaknya tersebut secara bergantian.

“Setiap minggu harus pindah bawa-bawa obat. Aku tau sebenarnya dia udah capek, udah terlalu tua untuk kehidupan seperti ini,” katanya.

Saat ini kondisi nenek tersebut sudah mulai pikun. Terakhir berobat dokter menyatakan penyakitnya sudah komplikasi. Ginjal nenek tersebut pun sudah sakit, selama ini dokter memberi obat bukan untuk menyembuhkan melainkan hanya untuk mengurangi rasa sakit.

“Jika sudah parah bawa ke rumah sakit gitu bilangnya, aku jadi makin sedih,” tuturnya.

Bahkan jika penyakitnya sedang kumat, si nenek kerap memberinya uang NT100 atau NT200 agar terus merawatnya, sebab hanya Erna yang mau mengurusnya saat sakit.

“Satu ibu bisa mengurus 10 anak, tapi 10 anak belum tentu bisa mengurus satu ibu,” kata Erna. []

Advertisement