February 25, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Presiden Sudah Kirim Hadiah Sepeda ke Keluarga PMI

2 min read

HONG KONG – Masih ingat kuis berhadiah sepeda yang diberikan Presiden Joko Widodo saat acara Temu Kangen dengan warga Indonesia di Hong Kong, pada hari Minggu, 30 April lalu? Hadiah sepeda yang dijanjikan sudah dikirim ke rumah keluarga masing-masing pekerja migran Indonesia (PMI) di kampung halaman.

“Saya menerima laporan, yang di Kendal itu hari Kamis (4 Mei) sudah tiba (kiriman sepedanya). Jadi, hari Senin siang Beliau kembali ke Jakarta, proses verifikasi dilakukan sehari setelahnya (Selasa) ke alamat yang diklaim para pemenang, dan hari Kamis sepeda sudah tiba,” kata Konsul Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong, Tri Tharyat, saat meyerahkan hadiah sepeda dari Presiden Jokowi kepada Dimas Ivan Adhiatma, pelajar Indonesia di Hong Kong yang menjadi salah satu penerima hadiah sepeda, di Ruang Ramayana KJRI Hong Kong, Jumat (12/5).

Sebagaimana 6 sepeda yang dikirim ke kampung halaman PMI, sepeda yang dikirim ke Hong Kong juga tiba cepat. “Sepeda tiba di Hong Kong 4 hari setelah bapak Presiden meninggalkan Hong Kong. Demikian cepatnya pelaksanaan janji bapak Presiden. Saya tidak terpikir untuk yang ke Hong Kong bisa secepat itu juga. Hari Jumat (5 Mei) sore sudah kami terima,” ujar Tri Tharyat.

Dimas bersama kedua orang tuanya saat menerima hadiah sepeda dari Presiden Jokowi

“Hari ini, atas nama Beliau (Presiden Jokowi), saya serahkan secara simbolis. Kebetulan, teman-teman (penerima) yang lain tak bisa hadir. Sebagai perwakilan, saya serahkan kepada Dimas untuk menerima hadiah dari bapak Presiden. Hadiah ini simbol perhatian Beliau kepada warganya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Konjen Tri Tharyat secara simbolis juga memberikan sertifikat apresiasi kepada 2 perwakilan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) atas kontribusi mereka membantu KJRI Hong Kong dalam pelaksanaan acara Temu Kangen. Ia menyebutkan, sebanyak 120 anggota PPI dan 94 PMI turut ambil bagian membantu, mulai pelaksanaan acara hingga pementasan seni.

Kenapa Sepeda?

Ini penampakan sepeda hadiah Presiden Jokowi

Dalam banyak kesempatan kunjungan kerja, Presiden Jokowi selalu melontarkan kuis berhadiah sepeda kepada peserta acara yang dihadirinya. Penasaran akan hal itu, Konjen Tri Tharyat mencoba mencari tau, kenapa sepeda yang dijadikan hadiahnya.

“Ada filosofi dari bapak Presiden. (Sepeda) ini simbol orang pekerja keras, hemat energi, dan perlu sedikit mengeluarkan tenaga untuk mencapai tujuan dengan sarana sepeda,” kata Tri Tharyat.

Hal ini, tegas dia, merupakan filosofi kerja Presiden. “Itu yang saya pahami dari simbol sepeda (yang dibagikan Presiden),” ujarnya. [Razak]

BOKS: Ini 7 Penerima Hadiah Sepeda dari Presiden Jokowi di Hong Kong

  1. Romlah (Jombang, Jawa Timur)
  2. Iin (Kediri, Jawa Timur)
  3. Fatmawati (Kendal, Jawa Tengah)
  4. Sri Safaatun (Kendal, Jawa Tengah)
  5. Indah (Magetan, Jawa Timur)
  6. Nurhayati (Lampung)
  7. Dimas (Hong Kong)
Advertisement
Advertisement