January 21, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Secara Alami, Kerutan di Wajah Bisa Dihilangkan Dengan Cara Berikut Ini

3 min read

JAKARTA – Wajah menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat jadi perhatian. Sebab ia adalah daya tarik utama seseorang, sehingga berbagai perawatan dilakukan untuk menjaga keindahan wajah.

Mengutip docdoc.com, wajah adalah organ pusat untuk ekspresi, pengenalan, dan komunikasi manusia. Wajah terdiri dari empat organ perasa yang sangat penting, yaitu hidung, mata, telinga, dan lidah.

Pada tubuh manusia, wajah berada di bagian anterior (depan) kepala dan memanjang dari dahi hingga ke dagu.

Salah satu yang dijaga adalah munculnya kerutan di bagian wajah. Meski munculnya kerut sulit dihindari seiring pertambahan usia, ada cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami yang bisa Anda coba.

Anda pun dapat menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Dengan begitu, kulit wajah sehat dan awet muda pun dapat Anda wujudkan.

Selain bertambahnya usia, ada beberapa faktor lain yang dapat memicu munculnya keriput atau kerutan di wajah, seperti gaya hidup tidak sehat, paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, hingga posisi tidur yang menekan wajah sehingga menimbulkan garis-garis halus.

Namun, Anda tidak perlu merisaukan hal ini secara berlebih. Pasalnya, ada banyak cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami.

Mengutip alodokter.com, berikut beberapa cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami yang bisa dilakukan:

 

  1. Batasi asupan gula

Makanan dan minuman manis kerap menjadi favorit bagi sebagian orang. Tak hanya lezat, makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi juga dipercaya dapat menambah energi dan meningkatkan suasana hati.

Namun, konsumsi gula atau karbohidrat secara berlebihan juga bisa merusak dan menurunkan produksi kolagen pada kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih kusam dan berkeriput. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi asupan gula untuk menjaga kulit tetap awet muda.

 

  1. Gunakan masker alami

Penggunaan masker alami bisa mengurangi kerutan di wajah, bahkan membantu kulit terlihat lebih kenyal dan sehat. Beberapa bahan alami yang bisa membantu menghilangkan kerutan di wajah adalah lidah buaya, pisang, beras, madu, dan putih telur.

 

  1. Hentikan kebiasaan merokok

Bila Anda seorang perokok aktif, dianjurkan untuk menghentikan kebiasaan merokok mulai dari sekarang jika ingin kerutan di wajah tidak bertambah. Ini penting untuk diperhatikan karena rokok mengandung bahan kimia beracun yang bisa merusak sel kulit dan memicu munculnya tanda-tanda penuan dini.

 

  1. Gunakan tabir surya

Meski tidak bisa menghilangkan kerutan di wajah secara instan, penggunaan tabir surya setiap hari, khususnya saat melakukan aktivitas di luar ruangan penting untuk dilakukan karena bisa mengurangi munculnya kerutan di wajah.

Tabir surya juga baik untuk kesehatan kulit jangka panjang. Bahkan, penggunaan tabir surya SPF minimal 30 juga diketahui dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit.

 

  1. Minum air putih yang cukup

Untuk mencegah dan memperbaiki kerutan di wajah, Anda juga perlu minum air putih yang cukup yaitu sekitar 2 liter atau setara 8 gelas setiap harinya. Kebiasaan ini baik untuk menjaga kelembapan alami kulit serta mencegah kulit kering dan cepat menua akibat kekurangan cairan atau dehidrasi.

Untuk mencegah kulit kering dan munculnya keriput, Anda juga perlu membatasi asupan minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Kedua jenis minuman ini diketahui bisa membuat kulit lebih cepat kering bila dikonsumsi secara berlebihan.

 

  1. Konsumsi makanan sehat

Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti makanan yang mengandung omega-3, protein, atau beta karoten.

Ini karena kandungan omega-3 dapat melindungi kulit dan mengunci kelembapan kulit, sehingga kulit lebih halus dan bebas kerutan. Sementara itu, beta karoten bersifat antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya.

Beta karoten mudah diperoleh di berbagai jenis makanan, seperti ubi jalar, wortel, atau kangkung. []

Advertisement
Advertisement