August 3, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sedekah Itu Mudah Meski Kita Tidak Punya Uang

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

ApakabarOnline.com – Banyak sekali orang di dunia ini yang enggan mau bersedekah karena alasan tidak memiliki harta dan kekayaan yang lebih. Mereka diam saja di rumah tanpa mencari pahal dengan sedekah menggunakan cara yang lain.

Dalam Islam, sedekah tidak hanya dengan harta dan kekayaan. Pemahaman ini merujuk kepada hadis yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah berikut.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم – كل سُلامى من الناس صدقة , كل يوم تطلع فيه الشمس تعدل بين اثنين صدقة , وتعين الرجل في دابته فتحمله عليها أ, ترفع عليها متاعه صدقة , والكلمة الطيبة صدقة , وبكل خطوة تمشيها إلى الصلاة صدقة , وتميط الأذى عن الطريق صدقة ” رواه البخاري ومسلم


Artinya: “Rasulullah SAW bersabda, “Setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya selama matahari masih terbit; kamu mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah; kamu menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah; setiap langkah kakimu menuju tempat sholat juga dihitung sedekah; dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dari penjelasan di atas sudah sangat jelas bahwa sedekah tidak harus dengan uang atau materi tertentu. Sedekah bisa dengan apapun selagi itu bermanfaat bagi orang banyak atau orang yang membutuhkan.

Hilangkan persepsi bahwa sedekah melulu hanya dengan uang. Perilaku kebaikanmu yang kamu lakukan dengan anggota badanmu, jika dilakukan secara ikhlas, semuanya adalah bentuk sedekah. Wallahu A’lam.[]

 

Advertisement
Advertisement