July 21, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sekarang Domestic Helper di Hong Kong Bisa Menjadi Caregiver

3 min read

Bekerja sebagai domestic helper di Hong Kong, itulah yang telah sekian tahun lamanya berlangsung bagi hampir BMI di Hong Kong.  Apapun latar belakang pendidikannya, seperti apapun kemampuan dan basic skill yang dimilikinya, semua sama, peluang yang ada, hanyalah sektor informal, yaitu domestic helper. Banyak yang menganggap, pada posisi demikian, BMI menjadi lemah nilai tawarnya, namun banyak pula yang berhasil menunjukkan ke permukaan, posisi yang demikian tidaklah membawa pengaruh yang signifikan akan produktifitas dan keilmuan bawaan masing-masing.

Namun, jika melihat dari sudut pandang psikologi industri, minat, basic skill dan bakat, tetaplah menjadi kunci utama kenyamanan seseorang dalam bekerja dan mengerjakan sebuah pekerjaan.  Pilihan menjadi domestic helper, seringkali berlatar keterpaksaan, lantaran situasi dan kondisi membuat calon BMI menganggap memilih profesi domestic helper adalah sesuatu yang rasional dalam beberapa hal. Kebutuhan ekonomi, ketrampilan, bahkan jenjang pendidikan.

Sebuah kabar menggembirakan datang dari PT Panutan Langkah Mandiri melalui jaringan agency yang mereka bangun di beberapa negara, termasuk Hong Kong salah satunya. Yang mana, dalam kabar tersebut, siapapun yang saat ini berprofesi sebagai domestic helper, bisa berkompetisi untuk mendapat pekerjaan sebagai caregiver.  Peluang tersebut bisa diambil siapa saja dengan begitu mudahnya tanpa mengorbankan pekerjaan sebellumnya (domestic helper).

Sebuah balai pelatihan yang dipersiapkan untuk BMI di Hong Kong yang ingin  berpindah profesi menjadi caregiver dengan gaji 6.000 HKD keatas telah dibuka. Informasi yang didapat Apakabarobline.com, balai pelatihan ini legal dan memiliki ijin operasi di mata Pemerintah Hong Kong.

Apa saja yang Harus Dilakukan Jika Ingin Berpindah Ke Profesi Caregiver ?

Peminat mutlak harus memiliki sertifikat pelatihan yang dikeluarkan oleh Active Global Caregivers Hong Kong. Untuk mendapatkan sertifikat ini, peminat harus mengikuti pelatihan selama 5 bulan dengan intensitas ttatap muka sekali dalam seminggu dengan biaya pelatihan ringan.

Program pelatihan Caregiver di Active Global Caregivers Hong Kong ini telah berlangsung sejak 2 tahun yang lalu. Hanya saja, pada awalnya, program ini kurang disosialisasikan kepada Buruh Migran asal Indonesia (BMI), sehingga sedikit sekali BMI yang menikmatinya. Kebanyakan, diikuti oleh pekerja migran asal Filipina dan Thailand.

Bagi yang berminat mengikuti program pelatihan caregiver di Hong Kong, peminat bisa mendaftarkan dirinya di officiaal web Active Global Caregiver (klik kata Global Caregiver, maka akan muncul linknyya). Secara offline, peminat bisa mendaftarkan diiri dengan mendatangi alamat kantor Active Global Caregiver di unit 07-08, 13 / F Lucky Center, 165-171 Wan Chai Road.

 

Apa Alasan Domestic Helper Berpindah Profesi Menjadi Caregiver ?

Humas Active Global Caregiver menyaampaikan kepada Apakabaronline.com, setidaknya ada 5 alasan logis bagi BMI yang saat ini berprofesi sebagai domestic helper, berpindah ke caregiver. Yang saat ini memiliki pokok gaji dibawah 500 HKD, menjadi BMII Hong Kong dengan pokok gaji 6000 HKD keatas. Kelima alasan tersebut pertama,  membangun citradiri yang lebih baik. Transformasi dari domestic helper dengan posisi tawar yang lemah seringkali merendahkan citradiri seorang BMI menjadi under estimate dan ironisnya terkadang menjadi inferior.

Kedua menjadi menjadi seorang caregiver, otomatis menjadi pekerja yang lebih fokus pada jenis pekerjaan tertentu yaitu merawat. Jika pada pekerjaan domestic helper, seorang BMI seringkali berhadapan dengan tuntutan berbagai fokus pekerjaan, misalnya memasak, merawat bayi, bersih-bersih rumah, mengantar anak sekolah dan lain sebagainya dimana semua itu dirangkap oleh satu orang BMI, pada profesi caregiver, hal tersebut tidak akan pernah terjadi.

Alasan ketiga, berpindah dari domestic helper menjadi caregiver, otomatis akan terjadi proses pengembangan diri. Dari program pelatihan yang diikuti seorang peminat, yang didapatkan bukan sekedar teori melulu. Ada banyak pengalaman caregiver pada angkatan sebelumnya yang siap berbagi pengalaman, juga dari mentor yang siap sharing wawasan diluar teori.

Gaji Yang lebih baik, bisa disebut menjadi alasan keempat. Bagaimana tidak, saat masih menjadi domestic helper, gaji seorang BMI dipatok pada besaran angka HK $ 4.310 saja. Setelah menjadi caregiver, seoorang BMI berhak mendapatkan gaji sebesar HK $ 6.870, bisa lebih. Saat menjadi domestic helper, seorang BMI harus melewati masa potongan gaji selama sekian bulan untuk membayar biaya pelatihan di Indoonesia hingga penempatan di rumah majikan. Menjadi caregiver, selama 2 tahun kontrak kerja, tidak ada biaya potongan sama sekali.

Hal terakhir yang paling menarik sehingga layak untuk dipertimbangkan menjadi alasan bermigrasi dari domestic helper ke profesi caregiver adalah peluang durasi bekerja yang panjang. Sebagian besar pengguna jasa caregiver adalah orang tua yang dalam kondisi sakit. Dengan demikian, mereka akan membutuhkan tenaga caregiver sampai dengan sakitnya sembuh, atau bahkan tetap meminta jasa caregiver sampai yang dirawat men inggal dunia.

Caregiver asal Indonesia di Hong Kong, dianggap memiliki nilai lebih ppada tata etika dan estetika, sehingga, hal ini sangat berkontribusi positif pada kenyamanaan dan kepuasan pengguna jasa caregiver. Hal ini menjadi peluang besar bagi BMI yang ingin bermigrasi. Pembaca tertarik bermigrasi ? Tanpa harus meninggalkan Hong Kong Lho. Gampang kan ? Buruan daftar. [Asa/AGC]

Advertisement
Advertisement

1 thought on “Sekarang Domestic Helper di Hong Kong Bisa Menjadi Caregiver

Comments are closed.