December 8, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Selama Pandemi COVID-19, Angka Kekerasan Dalam Rumah Tangga di Hong Kong Naik Tajam

1 min read
Foto deccanherald.com

Foto deccanherald.com

HONG KONG – Sebuah publikasi data terkait dengan kekerasan dalam rumah tangga di Hong Kong yang dipublikasikan oleh The Federation of Women’s Centres menunjukkan peningkatan yang tinggi selama COVID-19 menjadi pandemi.

Mengutip RTHK, Sisi Liu, direktur dari lembaga tersebut menyatakan pada Sabtu (16/05/2020) kemarin, bahwa pandemi COVID-19 telah memaksa orang untuk tetap berada atau lebih banyak di rumah dimana kondisi dalam rumahnya tempat korban tinggal, tidak aman dari potensi atau resiko kekerasan.

Liu menambahkan, seperti sudah jatuh tertimpa tangga, selama pandemi, para korban kekerasan dalam rumah tangga mayoritas menjadi tidak berdaya lantaran tempat-tempat pengaduan seperti kantor pemerintah serta LSM ditutup dari seluruh aktifitas perkantoran selama pandemi.

Di lembaga yang di pimpin oleh Liu, selama 3 bulan belakangan telah ada 34 korban yang mengadu. Angka tersebut menurutnya jauh lebih tinggi dibanding dengan periode yang sama di tahun sebelumnya, yakni 16 kasus.

Liu mendesak kepada pemerintah Hong Kong agar segera memberikan subsidi kepada para korban untuk bisa mendapatkan tempat tinggal di Hotel. []

Advertisement
Advertisement