July 3, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sistem Kereta Bawah Tanah di Hong Kong Paling Modern di Dunia

3 min read
Feature image Sistem Kereta Bawah Tanah Hong Kong Paling Modern di Dunia (Foto SCMP)

Feature image Sistem Kereta Bawah Tanah Hong Kong Paling Modern di Dunia (Foto SCMP)

HONG KONG – Keberadaan transportasi umum merupakan salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan yang menjadi masalah umum di kota-kota besar. Selain itu, penggunaan transportasi publik juga berimbas pada berkurangnya udara serta konsumsi minyak dan energi.

Berikut sejumlah negara dengan transportasi umum terbaik di dunia yang dirangkum dari beberapa sumber.Keberadaan transportasi umum merupakan salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan yang menjadi masalah umum di kota-kota besar. Selain itu, penggunaan transportasi publik juga berimbas pada berkurangnya udara serta konsumsi minyak dan energi.

Berikut sejumlah negara dengan transportasi umum terbaik di dunia yang dirangkum dari beberapa sumber.

 

  1. Hong Kong

Hong Kong merupakan sebuah negara yang memiliki layanan transportasi terbaik. Di Hong Kong ada kereta bawah tanah yang bersih, cepat dan mudah. Kereta bawah tanah Hong Kong merupakan sistem kereta paling modern di dunia.

Beroperasi setiap 2 – 4 menit dari pukul 06.00 sampai 01.00 setiap hari. Di Hong Kong juga terdapat bus yang menawarkan rute sisi selatan Pulau Hong Kong dan New Territories. Terdapat pula trem yang menawarkan pengalaman perjalanan menarik karena penumpang bisa melihat keindahan jalan.

Pilihan transportasi umum lainnya di Hong Kong ialah taksi. Taksi di Hong Kong tarifnya tidak begitu mahal dan biasanya taksi ini mudah dihentikan. Kebanyakan operator taksi di sini menyediakan lima puluh tujuan teratas yang sering dikunjungi penumpang.

 

  1. Korea Selatan

Korea Selatan menjadi negara yang memiliki transportasi publik terbaik karena menyediakan berbagai layanan yang banyak dan nyaman. Tak hanya itu saja, transportasi publik di Korea Selatan menawarkan kemudahan penggunaan, kebersihan, dan ketepatan waktu.

Di Korea Selatan tedapat jaringan transportasi umum dan taksi yang luas. Sistem kereta bawah tanah di Korea di antaranya adalah Kereta Bawah Tanah Seoul Metro, Kereta Bawah Tanah Busan, Kereta Bawah Tanah Gwangju, dan Kereta Bawah Tanah Daegu.

Sementara taksi, terdiri dari beberapa jenis, yaitu taksi reguler, taksi deluxe dan taksi internasional. Menumpangi taksi juga bisa menjadi pilihan di Korea karena layanannya aman, bersih, dan terjangkau. Untuk layanan bus regional, warga bisa mengakses di semua wilayah Korea Selatan. Termasuk juga layanan bus lokal dan layanan bus bandara Incheon.

 

  1. Inggris

Inggris merupakan salah satu negara yang memiliki layanan transportasi publik terbaik di dunia. Di ibu kotanya, London, terdapat aneka ragam pilihan transportasi umum, seperti yaitu kereta bawah tanah, bus, kereta api, dan trem. Kereta bawah tanah di London memiliki stasiun berjumlah 270 stasiun.

Layanan kereta api di London memungkinkan para penggunanya untuk bepergian ke berbagai kota. Bus juga merupakan moda transportasi yang populer. Dengan berbagai rute perjalanan, sebagian bus beroperasi seminggu penuh dalam waktu 24 jam sehari. Di London juga terdapat trem yang beroperasi setiap tujuh sampai sepuluh menit sekali.

 

  1. Jepang

Jepang dikenal sebagai negara dengan sistem transportasi publik yang efisien, sangat nyaman, dan tepat waktu. Setiap 300 atau 400 meter, terdapat stasiun kereta yang menghubungkan antarwilayah.

Jepang juga memiliki kereta api berkecepatan tinggi yaitu Shinkansen, yang dijalankan oleh Japan Railways Group (JR Group). Kereta Shinkansen melaju hingga kecepatan 320 kilometer per jam.

Di kereta ini tersedia kursi empuk yang nyaman dan ruang bagasi yang cukup besar. Terdapat juga bus kota, kereta bawah tanah, dan taksi. Destinasi wisata di Jepang juga kebanyakan letaknya tak jauh dari transportasi umum seperti bus atau kereta. []

Advertisement
Advertisement