January 31, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tak Hanya Wanita, Pria Juga Bisa Mengalami Menopause Dini

1 min read

JAKARTA – Pria juga mengalami menopause dini. Meski menopause yang terjadi berbeda dengan wanita.

Adapun perbedaan menopause pada laki-laki adalah kondisi ini tidak membuat pria menjadi infertil total, tapi hanya terjadi penurunan kadar hormon.

Obesitas adalah gejala paling umum dari menopause pada laki-laki. Ketika laki-laki memasuki fase ini, ototnya mulai melemah dan kehilangan massa otot. Gejala lain yang bisa muncul adalah rambut rontok, disfungsi ereksi dan depresi.

 

Perubahan lainnya adalah tubuh terasa sakit atau tidak enak terutama di sendi seperti lutut dan siku. Jika tubuh sering sakit dan Anda menjadi tidak aktif, sebaiknya periksa perubahan tubuh yang terjadi.

 

Selama hormon di dalam tubuh mengalami fluktuasi, maka perubahan suasana hati adalah hal yang umum terjadi. Mudah marah atau sensitif adalah salah satu gejala yang umum dialami laki-laki yang menopause. Perubahan suasana hati ini bisa berbeda-beda tiap orang.

Tidak hanya perubahan hormon secara drastis, mereka juga kerap terbangun di malam hari dengan tubuh basah berkeringat.

Sementara itu, seiring dengan menurunnya produksi hormon testosteron, maka beberapa laki-laki mengalami masalah dalam mencapai atau mempertahankan ereksi. Meski begitu, menopause ini tidak membuat laki-laki menjadi infertil total tapi hanya menurunkan gairah seksualnya. []

Advertisement
Advertisement