January 31, 2023

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tanpa Mengkonsumsi Obat, Kolesterol Tinggi Bisa Diturunkan, Begini Caranya

2 min read

JAKARTA – Secara umum kadar kolesterol yang terkontrol dalam darah bermanfaat bagi kesehatan. Itu karena membantu membangun sel-sel baru agar tubuh Anda bisa tetap berfungsi secara normal.

Namun kadar yang melebihi batas normal maka dapat berbahaya bagi tubuh. Sebab, hal itu dapat memicu penyakit kardiovaskular terutama jantung.

Untuk itu, penting untuk seseorang melakukan cek kolesterol secara rutin. Berikut adalah cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat.

 

  1. Kurangi Konsumsi Daging Sapi

Dalam 100 gram daging sapi, terdapat lemak total sekitar 12-42 gram dan 78-94 mg kolesterol. Meski mengandung lemak dan kolesterol yang cukup tinggi, daging sapi sebenarnya masih menyimpan banyak manfaat untuk tubuh, seperti sumber protein, zat besi, dan vitamin yang diperlukan tubuh.

Dengan kata lain, penderita kolesterol tinggi masih boleh makan menu ini selama tidak berlebihan dan mengonsumsinya dengan cara yang tepat.

 

  1. Konsumsi Minyak Zaitun

Lemak baik yang terkandung dalam minyak zaitun dapat mengurangi kolesterol jahat. Maka dari itu, jika Anda gemar mengonsumsi tumisan atau makanan yang mengandung minyak, gunakanlah minyak zaitun.

 

  1. Kurangi Lemak Jenuh

Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol tinggi di dalam darah. Sebaiknya Anda mengurangi konsumsi produk makanan hewani, seperti daging merah, kulit ayam, mentega, keju, dan minyak goreng karena dalam produk tersebut banyak mengandung lemak jenuh.

 

  1. Mengonsumsi Alpukat

Mengonsumsi alpukat bisa menjadi cara menurunkan kolesterol. Buah alpukat mengandung vitamin K, C, B5, B6, E, dan lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL, serta trigliserida darah.

 

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Magnesium

Mengonsumsi makanan yang tinggi magnesium terbukti bisa mengontrol kadar kolesterol. Menurut penelitian, magnesium dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah karena kolesterol dan bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Beberapa makanan yang banyak mengandung magnesium di antaranya tahu, tempe, pisang, kacang-kacangan, gandum utuh, sayuran hijau, ikan, sampai alpukat.

 

  1. Tidur yang Cukup

Studi membuktikan, terlalu banyak atau kurang tidur sama-sama dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Pastikan tidur yang cukup sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami.

 

  1. Perhatikan Kalori dalam Makanan

Cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang perlu dilakukan lainnya yakni tetap menjaga asupan kalori dalam makanan. Perhatikan porsi setiap makan dan kualitas makanan.

Orang dewasa dengan aktivitas normal dan kondisi tubuh sehat rata-rata membutuhkan 2.000 kalori per hari. Makan terlalu banyak dan tinggi kalori tak hanya mempengaruhi kolesterol. Anda juga berisiko mengalami obesitas dan penyakit kronis lainnya.

 

  1. Batasi Asupan Gula

Sejumlah orang beranggapan, gula hanya terkait dengan penyakit diabetes. Padahal, konsumsi gula berlebihan juga mempengaruhi kolesterol.

Menurut Cleveland Clinic, tingginya asupan gula membuat hati memproduksi lebih banyak kolesterol jahat (LDL). Agar kolesterol dan gula darah tetap stabil, batasi asupan gula dengan meminimalkan minuman manis, makanan olahan, sampai karbohidrat bertepung.[]

Advertisement
Advertisement