November 24, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tega Banget, Tiga Oknum Dinsos Angkut Pengemis Cacat, Setelah Uangnya Diambil, Diturunkan Paksa Di Jalanan Sepi

2 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com – Seorang pengemis berkaki buntung mengaku uangnya diambil oleh oknum petugas Dinas Sosial Kota Batam. Sedihnya, ia hanya disisakan beberapa rupiah sekadar untuk ongkos ojek.

Pengakuan pengemis itu direkam dalam bentuk video dan diunggah oleh akun YouTube Ferry Kesuma pada 18 Oktober 2020.

Pengemis itu tadinya sempat diangkut ke dalam mobil Dinas Sosial, namun kemudian diturunkan di jalan. Sebelum diturunkan, uangnya diambil paksa. Keterbatasan fisik membuat pengemis itu tak kuasa melawan oknum petugas Dinas Sosial yang berjumlah tiga orang dengan kondisi fisik tanpa cacat.

“Saya ditangkap sama mobil Dinas Sosial ini. Tapi saya gak dibawa ke kantor. Kalau ini uang saya aja diambil, terus saya dilepaskan. Saya diturunkan di jalan. Saya ditangkap, uang saya diambil semua, cuma disisakan untuk ojek. Saya dilepaskan di jalan. Saya gak bisa melawan,” kata pengemis itu.

Menurut keterangan video yang dibagikan Ferry, peristiwa itu terjadi di perempatan jalan UIB Baloi pada hari Minggu, 18 Oktober 2020 pukul 11:30 WIB.

“Terjadi pengangkutan pengemis oleh oknum DINSOS batam, kebetulan aku berada di lampu merah tersebut. lalu aku melihat pengemis tersebut dipaksa naik ke dalam mobil. dan pengemis tersebut berontak minta tolong. lalu aku menghampiri oknum tersebut dan kutanyakan ada apa??” tulis Ferry.

Kemudian, Ferry mencoba merekam wajah oknum petugas Dinas Sosial tersebut dan mencoba mengonfirmasi apa yang terjadi. Petugas Dinas Sosial itu pun terlihat tidak mau membuka masker dan balik bertanya.

“Kenapa? Abang dari mana?” kata mereka.

Setelah itu, oknum petugas Dinsos itu tidak mau menjawab dan malah buru-buru kabur.

“Jawaban oknum tersebut mau di bawa ke nongsa. lalu pengemis tersebut bilang bahwa setiap kali kalau mereka menangkapnya uang nya saja yang diambil dan pengemis tersebut diturunkan di jalan sepi,” lanjut akun Ferry.

Dalam video tersebut terlihat mobil yang dikendarai oknum Dinas Sosial itu berjenis Suzuki APV dengan nomor plat berwarna merah BP 1036 C.

Hingga berita ini ditulis pada Selasa, 20 Oktober 2020 pukul 07.30 WIB, pihak Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Batam belum dapat dimintai konfirmasi. []

Advertisement