April 22, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tomat Miliki Sederet Manfaat Terhadap Kesehatan Tubuh dan Kulit

2 min read

JAKARTA – Tomat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Tomat dapat disajikan kapanpun baik dalam bentuk makanan maupun minuman. Meski umumnya dimakan dan disiapkan seperti sayuran.

Tomat kerap dijadikan salad maupun jus untuk mendapatkan khasiatnya. Namun, tomat juga dapat digunakan untuk masker wajah yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Mulai dari melembapkan wajah, mengatasi jerawat, hingga mencegah kanker kulit.

Melansir dari aladokter.com, kandungan vitamin C yang tinggi dan beragam terdapat pada tomat. Berikut beberapa manfaat masker tomat bagi kesehatan kulit:

 

Melembapkan kulit kering

Manfaat masker tomat dalam melembapkan kulit kering didapatkan dari tingginya kadar kalium dalam tomat. Kalium adalah mineral yang dapat menjaga keseimbangan air di dalam tubuh, sehingga kelembapan kulit tetap terjaga.

 

Mengurangi minyak berlebih

Bagi pemilik kulit berminyak juga bisa mendapatkan manfaat masker tomat sebagai produk perawatan wajah. Tomat mengandung asam salisilat yang mampu mengurangi produksi minyak. Dengan begitu, jumlah minyak di kulit menjadi lebih terkontrol dan wajah berminyak dapat teratasi.

 

Mengatasi jerawat

Selain mengurangi minyak berlebih, kandungan asam salisilat dalam masker tomat juga mampu mengatasi jerawat yang membandel. Senyawa ini dapat menembus lapisan kulit terdalam dan membersihkan pori-pori tersumbat yang menjadi penyebab munculnya jerawat di wajah.

Selain bermanfaat bagi kesehatan kulit, tomat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari yankes.kemenke.go.id berikut manfaaf tomat bagi tubuh:

 

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan Likopen dan Beta Karoten dalam tubuh dapat memengaruhi risiko terhadap serangan jantung. Semakin rendah kadar Likopen dan Beta Karoten, semakin tinggi risiko mengalami serangan jantung.

 

Mencegah kanker

Tomat merupakan buah yang mengandung vitamin C dan antioksidan. Kandungan yang terdapat dalam buah tomat memberikan manfaat dalam melawan pembentukan radikal bebas penyebab kanker.

 

Melancarkan pencernaan

Apabila sedang mengalami sembelit, mengonsumsi buah tomat dapat membantu mengatasi kondisi tersebut. Karena kandungan air dan serat pada tomat dapat membantu melancarkan pergerakan usus sehingga buang air besar menjadi lancar.

 

Meningkatkan kesehatan saat hamil

Buah tomat memiliki manfaat kesehatan untuk ibu hamil karena memiliki kandungan Folat yang baik untuk kehamilan. Kandungan Folat dalam buah tomat memberikan manfaat untuk menjaga janin dari cacat tabung saraf.  []

Advertisement
Advertisement