December 8, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Topan Nalgae Sudah Mendekat, Hong Kong Observatory Keluarkan Beberapa Himbauan untuk Masyarakat

1 min read

HONG KONG – Gejolak cuaca yang berawal dari lautan lautan pasifik pada 27 Oktober 2022, yakni terbentuknya pusaran kepala topan yang kian membesar dan bergerak mengarah ke Laut China selatan setelah menghantam daratan Filipina pada 29 Oktober 2022 kemarin saat ini tengah berada di Tenggara Hong Kong dengan radius sekitar 700 km persisnya di koordinat 16.4 Lintang Utara dan 117.0 Bujur Timur.

Kekuatan pusaran kepala topan yang disebut Topan Nalgae terpantau 105 km/jam.

Pantauan APakabarOnline melalui citra satelit yang ditampilkan laman Windy.com menunjukkan, disekitar pusaran topan Nalgae berada saat ini tengah diliputi hujan dengan intensitas super lebat.

Permodelan komputer menunjukkan, pusaran kepala topan akan terus bergerak  ke arah Barat Laut mendekat ke daratan Hong Kong, kemudian akan masuki daratan Provinsi Guang Dong.

Titik terdekat pusaran kepala topan Nalgae diprediksi akan terjadi pada 2 atau 3 November 2022 lusa.

Saat ini, sejak tadi malam Hong Kong Observatory telah mengeluarkan peringatan Topan 1 atau T1.

Dalam update yang disampaikan pada pukul 08:00 pagi ini, Hong Kong Observatory akan mempertahankan peringatan T1 setidaknya sampai pukul 5 sore hari ini (31/10/2022) kemudian akan mempertimbangkan untuk meningkatkan menjadi T3.

Hong Kong Observatory menghimbau kepada seluruh warga untuk mewaspadai kedatangan Topan Nalgae. Masyarakat diminta untuk tidak beraktifitas didekat bibir pantai. []

Advertisement
Advertisement