December 1, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Varian Baru Virus Corona Ditemukan di Hong Kong

1 min read
Dr Chuang Shuk-kwan dari Hong Kong Centre for Health Protection (CHP) (Foto Hong Kong Government)

Dr Chuang Shuk-kwan dari Hong Kong Centre for Health Protection (CHP) (Foto Hong Kong Government)

HONG KONG – Mutasi virus corona telah terjadi dan berkembang biak menurunkan banyak varian. Varian-varian baru turunan dadi induk semang virus sars cov-2 tersebut diketahui telah terjadi dan menyebar ke berbagai kawasan di belahan bumi ini.

Salah satunya yang diumumkan oleh otoritas Hong Kong kemarin (14/042022).

Dalam keterangan persnya, Dr Chuang Shuk-kwan dari Hong Kong Centre for Health Protection (CHP) mengatakan, dari 1.043 kasus baru yang ditemukan dalam 24 jam kemarin, ada salah satgu kasus impor yang membawa varian BA.5. Varian tersebut dibawa melalui klaster impor oleh seorang pelaku perjalanan dari Addis Ababa yang masuk ke Hong Kong melalui Bangkok.

Ahli epidemiologi WHO Maria Van Kerkhove mengatakan sub-varian Covid-19 terbaru itu telah dilaporkan di sejumlah negara, di antaranya Afrika Selatan dan beberapa negara Eropa.

“Ada kurang dari 200 sekuens (urutan DNA) yang ada sejauh ini dan kami memperkirakan ini akan berubah. Kami melacak [virus] dengan seksama untuk melihat apakah ada peningkatan dalam deteksi kasus, tetapi [sejauh ini] kami belum melihat perubahan apa pun dalam segi epidemiologi atau keparahan,” katanya pada Rabu (13/04/2022), seperti dikutip dari laman resmi WHO. []

Advertisement
Advertisement