July 24, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Waktu Terbaik Minum Vitamin

2 min read

Feature image waktu terbaik minum vitamin (Foto Istimewa)

JAKARTA – Vitamin dalam tubuh bisa didapatkan dengan konsumsi makanan bergizi. Namun beberapa kondisi kesehatan mengharuskan Anda menenggak suplemen, diminum rutin demi memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk metabolisme tubuh.

Untuk memaksimalkan kerja suplemen vitamin, ada baiknya Anda mengenali waktu terbaik untuk meminumnya. Saat diminum di waktu yang tepat, vitamin bisa terserap secara maksimal sehingga bisa bekerja lebih optimal.

Dilansir dari Kompas.com dan Manado.tribunnews.com, ini waktu yang tepat untuk minum vitamin:

 

  1. Vitamin D

Dilansir dari laman Sport Illustration (29/8/2023), vitamin ada dua, yaitu yang larut dalam air dan yang larut dalam lemak. Dan vitamin D, adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Sehingga, vitamin D akan bekerja secara maksimal saat dikonsumsi bersamaan dengan makanan.

Jadi disarankan, untuk minum vitamin D bersamaan dengan makan atau beberapa saat selepas makan. Baik makan pagi, siang, atau pun malam. Namun menurut ahli, pengonsumsian vitamin D akan lebih baik jika dilakukan saat makan pagi. Karena jika dilakukan saat makan malam, vitamin D dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

 

  1. Vitamin B kompleks

Dilansir dari Healthline (19/1/2021), vitamin B kompleks adalah jenis vitamin yang larut dalam air, seperti halnya vitamin B dan vitamin C.  Jenis vitamin ini bisa diserap dengan baik saat perut kosong. Meskipun untuk penyerapan lebih optimal, disarankan agar mengonsumsinya bersamaan dengan makanan.

Hal ini karena makanan membantu memperlambat pencernaan suplemen ini, yang memungkinkan mereka menghabiskan lebih banyak waktu di saluran pencernaan. Semakin banyak waktu yang mereka habiskan di usus, semakin besar kemungkinan vitamin akan diserap oleh tubuh.

Vitamin B kompleks sebaiknya dikonsumsi di pagi hari dengan segelas air atau makanan. Ketika diminum di pagi hari, vitamin B kompleks dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi kelelahan.

 

  1. Vitamin C

Para ahli mengatakan, bahwa tak ada waktu terbaik untuk minum vitamin C. Hal ini lantaran ini termasuk vitamin larut dalam air, sehingga tak perlu dipadankan dengan lemak atau makanan. Terlebih, vitamin C juga jarang memiliki efek samping bagi kesehatan.

Vitamin C bisa diminum kapan saja sepanjang hari, terutama ketika Anda tengah merasa kelelahan atau sakit, lantaran vitamin C sangat efektif meningkatkan imun tubuh.

 

  1. Vitamin E

Vitamin E juga termasuk vitamin yang hanya larut dalam lemak, sehingga lebih baik dikonsumsi bersamaan dengan makanan. Untuk hasil optimal, konsumsi vitamin E di pagi hari selepas makan pagi.

 

  1. Vitamin A

Masih dilansir dari Healthline, sebagian besar suplemen vitamin A mengandung vitamin yang berasal dari minyak hati ikan atau dalam bentuk vitamin A karotenoid, yaitu senyawa tanaman yang diubah oleh tubuh menjadi bentuk aktif vitamin A.

Untuk meningkatkan penyerapan yang optimal, Anda harus mengonsumsi suplemen vitamin A dengan makanan yang mengandung lemak. Namun hati-hati dalam mengonsumsi vitamin A ini. Beberapa penelitian mengatakan, suplemen vitamin A dosis tinggi dapat meningkatkan risiko semua penyebab dan kematian terkait kanker. Untuk alasan ini, jangan mengonsumsi suplemen vitamin A dosis tinggi tanpa persetujuan dokter.  []

Advertisement
Advertisement