July 21, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Waspada, Berikut ini Sederet Gejala Diabetes yang Jarang Disadari

1 min read

JAKARTA – Bukan penyakit biasa, diabetes dapat memicu komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

Dikutip alodokter.com, diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia.

Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh.

Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

Gejala diabetes akan muncul secara bervariasi pada setiap pengidapnya, tergantung tingkat keparahan dan jenis yang diidap. Namun, secara umum ada beberapa gejala yang akan dialami oleh pengidap diabetes seperti dilansir dari halodoc.com:

 

  1. Peningkatan rasa haus.
  2. Peningkatan frekuensi buang air kecil.
  3. Mudah lelah atau rasa kelelahan terus-menerus.
  4. Adanya gangguan penglihatan, seperti pandangan yang kabur.
  5. Terjadinya infeksi pada tubuh terus-menerus, yang umum terjadi pada bagian gusi, kulit, maupun area vagina (pada wanita).
  6. Penurunan berat badan yang tidak jelas apa penyebabnya.
  7. Kehadiran keton dalam urine (keton adalah produk sampingan dari pemecahan otot dan lemak yang terjadi ketika tidak ada cukup insulin yang tersedia).

 

Segeralah memeriksakan diri ke dokter jika mengalami salah satu atau sejumlah gejala tersebut. Hal ini bertujuan agar perawatan dapat segera dilakukan, sehingga risiko akan komplikasi dari diabetes dapat terhindarkan.  []

Advertisement
Advertisement