May 9, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Waspada Makan Bersama Saat Pandemi

2 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

ApakabarOnline.com – Pandemi Covid-19 yang terjadi secara berkepanjangan membuat masyarakat masih kesulitan untuk kembali bersosialisasi secara normal, salah satunya melalui kegiatan makan bersama.

Sebelum pandemi melanda, makan bersama hampir selalu menjadi salah satu ajang bersosialisasi, entah bersama rekan, keluarga ataupun aktivitas berbisnis. Namun kini, dengan adanya pandemi Covid-19, aktivitas makan bersama terpaksa harus dibatasi. Terlebih saat makan, beberapa pelindung diri seperti masker harus dilepas.

Makan bersama, apalagi dilakukan di tempat umum, membuat orang mau tak mau harus melepas masker kala menyantap kuliner. Hal itu bisa membuat droplet virus Corona bisa masuk melalui mulut atau hidung orang-orang yang berdekatan.

Bahkan, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meyakini dirinya terpapar Covid-19 saat makan. Itu sebabnya, Doni menyerukan kepada masyarakat untuk sementara menghindari acara makan bersama guna mencegah penularan.

“Karena saat makan kita pasti lepas masker dan celah penularan terbuka. Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita untuk mencegah tertular atau menulari. Untuk sementara, makan bisa sendiri atau terpisah dari orang lain, ” tutur Doni dalam keterangan resmi Satgas Penanganan Covid-19 beberapa waktu lalu.

Doni menuturkan selama seminggu memimpin langsung penanganan bencana di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan ada beberapa momen harus melepas masker ketika makan bersama orang lain.

“Jadi saya yakin pada saat melepas masker dan makan itulah saya tertular,” kata dia.

Untuk itu, saat makan bersama, masyarakat perlu lebih berhati-hati dan memperhatikan protokol kesehatan.

Berikut lima hal yang patut Anda perhatikan ketika makan bersama keluarga atau kolega:

  1. Sedikit Orang Pastikan kapasitas yang terisi hanya 1/4 dari total kapasitas ruangan.
  2. Outdoor Pilihlahtempat makan dengan konsep ruangan terbuka (outdoor) agar sirkulasi udara lancar.
  3. Jaga Jarak Tetap menerapkan jarak minimal 1,5 meter ketika duduk bersebelahan dan 2 meter kala berhadapan dengan orang lain saat makan.
  4. Jangan Berbicara Meski sulit dilakukan, usahakan jangan berbicara dengan rekan ketika menyantap hidangan bersama. Jangan lupa tetap memakai masker saat bicara.
  5. Batasi Waktu Makan Usahakan makan tidak lebih dari 30 menit. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. []
Advertisement
Advertisement