Aa Gym : Jangan Iri dan Dengki dengan Rezeki Orang Lain

Prime Banner

ApakabarOnline.com – Iri dan dengki merupakan suatu emosi yang tak jarang dirasakan oleh manusia. Tanpa disadari, perasaan ini terkadang muncul begitu saja ketika kita melihat keberhasilan orang lain.

Mengutip dari akun resmi Aa Gym, Minggu (31/05/2020), tak ada baiknya untuk memendam rasa iri dan dengki terhadap limpahan rezeki pada orang lain. Kenapa? Karena rezeki setiap orang sudah memiliki porsinya masing-masing.

Aa Gym menambahkan, janganlah takut tidak punya rezeki, namun takutlah tidak mendapatkan berkah dari apa yang kita miliki. Takutlah saat kita tidak mampu untuk merasa bersyukur, ketabahan, serta keridhaan. “Sudah sepatutnya perasaan iri dan dengki harus dihindari. Percayalah bahwasanya setiap orang memiliki kavlingnya masing-masing atas rezeki yang dilimpahkan kepadanya,” ujarnya.

Berikut doa-doa memohon rezeki dalam Alquran dan hadist

 

﴿رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكاً لَا يَنْبَغِيْ لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِى إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ﴾

 

Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (QS. Shaad/38: 35)

 

اَللّٰهُمَّ اَكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ.

 

Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.” (HR. Ahmad)

 

اَللّٰهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ وَعَذَابِالْقَبْرِ

 

Ya Allah, aku berlindung dari kekufuran, kemiskinan dan siksa kubur.” (HR. Ahmad, Nasa’i, dan Abi Syaibah)

 

رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِنْكَ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

 

Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu bagi orang orang yang bersama kami dan yang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan engkau, beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki yang paling utama.” (QS. Al-Maidah/5: 114) [KS]

You may also like...