Agar Dijauhkan dari Kemiskinan, Begini Islam Memberi Tuntutan

Prime Banner

ApakabarOnline.com – Tidak diragukan lagi, salah satu senjata seorang muslim yang ingin rezekinya dilancarkan oleh Allah adalah dengan rutin membaca Surah Al-Waqi’ah.

Dalam sebuah hadis dikatakan, “Ajarkanlah Surah Al-Waqi’ah kepada istri-istrimu karana sesungguhnya ia adalah surah kekayaan.” (HR. Ibnu Ady).

Surah ini termaktub pada juz ke 27, terdiri dari 96 ayat dan merupakan surah ke-56 dalam Al-Qur’an.

Setelah selesai membaca surah yang diyakini sebagai obat ‘anti-miskin’ ini, kita dianjurkan untuk membaca doa berikut ini:

Allahumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa thalibi rizqika wa nasta’thifa syirara khalqika wa nasytaghila bihamdi man a’thana wa nubtala bi zammi man mana’ana wa anta min wara-i dzalika ahlul ‘atha-i wal man-‘i.

Allahumma kama shunta wujuhana ‘anis sujudi illa laka fa shunna ‘anil hajati illa ilaika bijudika wa karamika wa fadhlika ya arhamar rahimin (3x) wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam.

 

Artinya: “Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rezeki dari para pencari rezeki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk, dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal, Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai yang paling penyayang di antara semua penyayang, cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapa pun selain Engkau.

Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan.”

Hadis lain yang semakin memperkuat bahwa Surah Al-Waqi’ah berkhasiat untuk menjauhkan seseorang dari kekayaan adalah yang diriwayatkan oleh Ibnu Sunni dan Baihaqi Ibnu Mas’ud.

“Barang siapa membaca Surah Al-Waqi’ah setiap malam, maka tidak akan mengalami kemiskinan selamanya.” (HR. Ibnu Sunni dan Baihaqi Ibnu Mas’ud)

Meski demikian, jangan kita lupa untuk lebih bekerja keras karena Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali mereka sendiri yang mengusahakannya. Wallahu a’lam.[]

You may also like...