Amalan-Amalan Ringan yang Mampu Menghapus Dosa Meskipun Sebanyak Buih di Lautan

Prime Banner

ApakabarOnline.com – Sebagai seorang manusia, tentunya kita tak luput dari Dosa dan kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak. Meski begitu, Allah Swt Maha Pengasih dan Maha Penyayang akan mengampuni setiap Dosa hambanya jika ia bertobat.

Hal ini sebagaimana sebuah riwayat dari Anas Malik ra, bahwa Rasulullah bersabda, “Seluruh Bani Adam (manusia) banyak melakukan kesalahan (Dosa), dan sebaik-baik manusia yang banyak kesalahannya (dosanya) adalah yang banyak bertobat.” (hasan, lihat shahih at-Targhib wa at-Tarhib 3139).

Oleh karenanya, selain menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya, kita juga harus senantiasa bertobat dan melakukan amalan-amalan yang bisa menggugurkan Dosa-Dosa kita. Amalan-amalan tersebut bisa kita lakukan dari yang paling ringan.

Nah, berikut beberapa amalan ringan yang bisa menghapuskan Dosa.

 

  1. Tasbih

“Barangsiapa yang membaca ‘subhanallah wabihamdih’ seratus kali dalam sehari, dosanya akan dihapus walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR Muslim)

Dengan membaca bacaan Tasbih tersebut, Dosa yang pernah kita lakukan akan terhapuskan. Supaya tak menjadi beban, kamu bisa membacanya setiap selesai salat sebanyak 20 kali.

 

  1. Istighfar

“Barangsiapa yang berkata ‘astaghfirullah alladzi laailaaha illa huwal hayyul qayum wa atuubuilaih’, dosanya akan diampuni walau pernah lari dari medan perang (misykat almasyabih).”

Seperti diketahui bahwa Istighfar memiliki manfaat yang banyak, seperti dibukakan pintu rezeki hingga untuk bertobat.

 

  1. Wudu

“Barangsiapa yang berwudu dan membaguskan wudunya, keluarlah Dosa dari tubuhnya hingga keluar dari balik kuku-kukunya.” (HR. Muslim)

Berdasarkan penjelasan dari Ibnu ‘Arabi dalam ‘Aridhah al-Ahwadzi, Allah akan menetapkan ampunan-Nya bagi orang yang bersuci dengan sempurna dan membasuh tubuh saat berwudu secara merata di seluruh permukaan kulit.

 

  1. Menghapus Dosa setelah makan

“Barangsiapa sesudah selesai makan kemudian ia membaca ‘alhamdulillahiladzi ath amani ahdzat tho’am wa rozaqonihi min ghoiri hawlin mini walah quwwah’, niscaya akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (Shahih Al Jami)

 

  1. Menghapus Dosa setelah berpakaian

“Barangsiapa yang mengenakan pakaian baru lalu membaca, ‘alhamdulillahilladzi kasaanii haadzaa wa razaqaniihi min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin’, (maka) Allah Ta’ala mengampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Ibnu as-Sani).

 

Itulah beberapa amalan ringan yang bisa dilakukan dari hal-hal yang kecil, yang mampu menghapuskan Dosa-Dosa kita. Sederhana bukan ? Wallahu a’lam.[]

Penulis : F Rahmawati

You may also like...