Banyak Disepelekan Manusia, Ini Tiga Perkara yang Jadi Penyebab Azab Kubur

Prime Banner

ApakabarOnline.com – Kehidupan di alam kubur merupakan fase selanjutnya yang harus dihadapi manusia setelah di alam dunia, dan sebelum di alam barzah. Dalam alam kubur, manusia akan diminta pertanggungjawabannya atas perbuatannya selama hidup di dunia.

Jika amal baik seseorang lebih sedikit dari amal buruknya, maka Azab kubur akan didapatkannya. Ada beberapa perkara yang bisa mengakibatkan Azab kubur. Hal ini sebagaimana tertuang dalam hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas.

Suatu ketika Nabi Muhammad melewati dua kuburan. Kemudian Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya keduanya sedang diazab, dan tidaklah keduanya diazab disebabkan suatu perkara yang besar (menurut kalian). Salah satunya tidak menjaga diri dari percikan air kencing, sedangkan yang lain suka mengadu domba antara manusia.”

Beliau lalu mengambil sebuah pelepah kurma yang masih basah, kemudian beliau belah menjadi dua bagian dan beliau tancapkan satu bagian pada masing-masing kuburan. Para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan hal ini?” Beliau menjawab: “Mudah-mudahan diringankan Azab tersebut dari keduanya selama pelepah kurma itu belum kering.” (HR. Ibnu Abbas).

Dari hadis di atas disebutkan, dua perkara yang bisa mengakibatkan siksa kubur dan kerap disepelekan manusia saat di dunia ialah perkara percikan air kencing dan mengadu domba.

Percikan air kencing memang kerap disepelekan. Hal tersebut lah yang membuat bab tharah atau bersuci dalam Islam, menjadi materi pertama yang harus diajarkan kepada anak-anak.

Tidak hanya percikan air kencing dan mengadu domba. Azab kubur juga datang akibat ghibah atau membicarakan keburukan orang lain. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

Nabi Muhammad bersabda: “Tatkala Tuhanku memi’rajkanku (perjalanan Mi’raj ke langit), aku melewati beberapa kaum yang memiliki kuku dari tembaga, dalam keadaan mereka mencabik-cabik wajah dan dada mereka dengan kukunya. Maka aku bertanya: ‘Siapakah mereka ini wahai Jibril?’ Jibril menjawab: ‘Mereka adalah orang-orang yang memakan daging (suka ghibah) dan menjatuhkan kehormatan manusia’.” (HR. Ahmad).

Itulah ketiga perkara yang kerap disepelekan manusia di dunia, namun bisa mendatangkan Azab di alam kubur. Wallahu a’lam bishawab![AA]

You may also like...