Bermasalah dengan Sesama Penumpang Pesawat ? Begini Saran Pramugari

Prime Banner

Namanya juga transportasi umum, apalagi jika Anda naik pesawat kelas ekonomi, ya sudah pasti Anda akan bertemu banyak orang.

Nah, di antara banyak pengalaman tidak menyenangkan di pesawat, salah satu yang paling sering terjadi adalah jika penumpang di depan Anda menyandarkan kursi terlalu rendah.

Elaine Swann, yang menjalankan bisnis konsultasi gaya hidup dan etiket dan pernah menjadi pramugari Continental Airlines selama 10 tahun, menyarankan untuk tidak langsung melakukan konfrontasi dengan penumpang tersebut.

Sebaiknya tegur sepelan mungkin dan jangan sampai menarik perhatian di pesawat, karena mungkin saja mereka akan bersikap defensif jika merasa seperti diserang secara terbuka.

“Tepuk bahu mereka dengan lembut dan jelaskan dengan kata-kata yang memberi tahu bahwa mereka mungkin tidak sengaja terlalu rendah menyandarkan kursinya dan meminta untuk lebih menegakkannya,” kata Elaine.

Jika teguran Anda tidak dipedulikan, maka ada dua pilihan yang bisa dilakukan, pertimbangkan pindah ke kursi lain—jika pesawat agak kosong—atau tegur lagi dengan sopan, tetapi dengan cara yang lebih tegas. Namun, harus diingat, jika Anda menegurnya lagi, siap-siap akan mendapatkan respons yang kurang menyenangkan dari mereka.

Lalu, bagaimana jika tidak ada kursi kosong dan penumpang tersebut juga tidak mau mendengar Anda? Elaine bilang, sudah saatnya Anda melibatkan pramugrari, yang dengan senang hati berurusan dengan tipe penumpang seperti mereka.

“Tidak perlu membuat pengumuman besar. Sambil agak bergurau, Anda bisa bilang, ‘Hei, saya sudah meminta penumpang ini dua kali untuk menegakkan tempat duduk mereka. Bisakah Anda membantu saya?’, yang pasti akan langsung dibantu,” ujarnya.

Jika Anda sering bepergian dengan pesawat, apakah pernah mengalami pengalaman serupa, atau bahkan lebih buruk lagi? []

You may also like...