Bukan Coklat dan Mawar Merah, Valentine 2020 di Hong Kong dan Singapura Diindahkan dengan Tisu Toilet dan Masker Bedah

Prime Banner

HONG KONG – Valentine day atau hari kasih sayang selama ini identik dengan seserahan berupa coklat dan setangkai bunga mawar merah. Namun tidak demikian pada tahun ini di kawasan Hong Kong dan Singapura. Ini dikarenakan wabah virus corona yang sedang merajalela.

Bunga sepertinya tidak begitu berarti bagi warga Hongkok untuk menyatakan cinta. Sekotak masker jauh lebih bermakna untuk menyatakan “I Love You” pada tanggal 14 Februari.

Aman Fong, seorang seniman perangkai bunga di distrik Mong Kok mengatakan, sepekan menjelang Hari Valentine biasanya ramai oleh para pencari bunga. Pelaku bisnis jual bunga pun kebanjiran pesanan, tetapi kini tidak.

“Ini jauh lebih buruk daripada tahun-tahun sebelumnya, tidak banyak orang keluar ke jalan karena virus,” katanya kepada AFP.

“Saya memperkirakan penurunan penjualan bungan anjlok sebesar 40 persen. Pasokan bunga juga turun karena banyak pemasok asli kami di daratan Tiongkok ditutup karena virus corona,” tambah Aman Fong, seraya menambahkan perusahaannya harus mengimpor bunga dari Belanda dan Taiwan sebagai gantinya.

Love in the time of Covid-19, Hong Kong. No flowers but a bunch of outrageously sought-after surgical masks.

Happy Valentines Day, my close and dear ones.

??????????#??thx#?????#???????#coronavirusushk #ValentinesDay2020 pic.twitter.com/iw7lzV8ZVj — budming ?? (@budming) February 14, 2020

Seorang manajer di toko lain, Joyce juga mengatakan, tokonya harus mengurangi apa yang mereka beli ketika minat pelanggan berkurang.

“Bunga segar hanya bisa disimpan selama lima hingga tujuh hari. Kami tidak ingin memesan terlalu banyak kalau kami tidak bisa menjualnya,” ujar dia.

Sementara itu fakta lain diungkap oleh layanan perjodohan lokal Hong Kong Romance Dating, bahwa sepertiga responden dari survei pelanggan mengatakan, masker dan pembersih tangan adalah hadiah Hari Valentine adalah yang paling diharapkan publik. []

You may also like...