Daya Tular COVID-19 di Hong Kong Meningkat 30%, Setiap Satu Orang Berpotensi Bisa Menularkan ke Tiga Hingga Empat Orang

Prime Banner

HONG KONG – Gelombang ketiga pageblug COVID-19 sedang terjadi di Hong Kong. Setelah sempat melandai, beberapa pekan dinyatakan zero kasus penularan lokal, namun sejak akhir Juni, kasus penularan lokal terus bertambah dan dianggap mengkhawatirkan.

dr. Gabriel Matthew Leung,Dekan Fakultas Kedokteran Li Ka Shing dari Hong Kong University menyatakan saat ini merupakan awal wabah lokal gelombang ketiga.

Disisi lain, mutasi yang terjadi pada virus corona telah terjadi dan meningkatkan daya tular hingga 30%. Dengan prosentase tersebut, setiap satu orang penderita berpotensi menularkan kepada 3 hingga 4 orang lainnya.

Leung mengungkapkan, meskipun kemampuan deteksi corona di Hong kong termasuk di posisi terdepan dunia, namun nyatanya hal tersebut tidak membuat penanganan dan pencegahan membaik.

Ditengah menghadapi wabah lokal yang berkelanjutan, Leung menyebut sistem kesehatan masyarakat yang telah ada dan berjalan saat ini tidak cukup.

Jika rantai transmisi siluman tidak berhasil ditemukan dan diputus, suatu waktu, 7,5 juta warga Hong kong akan terkena dampak paparannya. []

You may also like...