Ditemukan Praktik Pembuatan Surat Keterangan Bebas COVID Palsu, PRT Asing Asal Filipina yang Baru Datang di Hong Kong Hari Ini Dilaporkan Terdeteksi Positif COVID-19

Prime Banner

HONG KONG – Pemberlakuan kewajiban melengkapi diri dengan surat keterangan bebas COVID-19 berdasarkan uji asam nukleat ternyata tidak sepenuhnya membuat zero kasus impor.

Terlebih, kemarin, HK01 mempublikasikan hasil investigasinya terkait dengan adanya jual beli surat palsu bebas COVID-19 di Filipina dengan harga hanya HKD 80 saja. Padahal Jika sebagaimana prosedurnya, biaya yang dikeluarkan sebesar HKD 1.900.

Hari ini, Hong Kong kembali melaporkan seorang pekerja rumah tangga asing asal Filipina terdeteksi positif COVID-19 saat tiba di Hong Kong.

PRT tersebut menjadi satu dari 9 kasus impor yang dilaporkan hari ini.

Dalam keterangan Persnya, Dr.Chuang Shuk-kwan dari Hong Kong Centre for Health Protection (CHP) menyebut, 8 kasus impor lainnya adalah seorang yang kembali dari USA, dan sisanya awak kapal kargo yang kembali dari Malaysia.

Chuang menyebut, secara keseluruhan, kasus baru positif COVID-19 di Hong kong hari ini berjumlah 72 kasus, dimana 39 kasus lokal diantaranya merupakan kasus yang telah diketahui sumber penularannya dan sisanya yang 24 kasus lokal merupakan kasus yang tidak diketahui sumber penularannya. []

You may also like...