Hal-Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Usaha Agar Cepat Berkembang

Prime Banner

ApakabarOnline.com – Bila kamu tergiur untuk membuka bisnis UMKM sendiri, mungkin langkah awal yang bisa kamu ambil adalah mengetahui rahasia UMKM bisa cepat berkembang. Apalagi bila kamu mendapatkan inspirasi dari para pebisnis umkm yang sudah sukses dan menjadi pembicara di seminar-seminar bisnis.

Sebab sebuah usaha kecil, mikro dan menengah atau umkm tidak akan bisa berkembang dengan cepat bila hanya dijalani atas dasar iseng dan mengisi waktu luang. Memang kedua cara tersebut adalah cara yang paling mudah dalam membuat umkm sendiri.

Namun seiring berjalannya waktu, keisengan kamu dalam membuat umkm akan menjadi lebih serius. Dan kamu ingin membuat bisnis kamu semakin besar. Oleh karena itulah, kamu membutuhkan rahasia bisnis umkm agar cepat berkemang berikut ini.

Saat ini, sudah banyak UMKM yang dibuat di daerah perkotaan, termasuk beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Dan kebanyakan UMKM dibuat oleh anak muda atau remaja. Sedangkan dulu, UMKM lebih banyak dibuat oleh masyarakat desa dan kebanyakan hasil pemikiran orang-orang dewasa setempat untuk membuka lahan pekerjaan kepada masyarakatnya.

Sehingga persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat. Dan kamu perlu melakukan beberapa kiat sukses UKM agar bisa ikut bersaing. Oleh karena itu, kita akan membagi beberapa rahasia UMKM sukses berikut ini untuk anda.

 

  1. Ikuti Perkembangan Jaman

Salah satu masalah yang dialami oleh para pebisnis UMKM, khususnya yang berusia cukup tua, adalah agak sulit dalam mengikuti perkembangan jaman. Sedangkan di era modern seperti saat ini, tiap bisnis dipaksa untuk bisa mengikuti jaman demi bisa bertahan.

Bukan hanya bisnis UMKM, beberapa bisnis dan perusahaan yang berskala besar sekali pun, akan tumbang bila terlalu tertutup dan enggan mengikuti perkembangan jaman.

Oleh karena itu, mulailah melirik dan melakukan riset terhadap bagaimana perkembangan jaman saat ini. Sehingga bisnis kamu tidak ketinggalan dengan bisnis-bisnis baru lainnya.

Bila kamu terlalu sulit untuk mengetahui bagaimana perkembangan jaman saat ini, kamu bisa meminta bantuan professional dalam melakukan risetnya. Sehingga kamu hanya tinggal membayar pekerja professional saja.

 

  1. Manfaatkan Teknologi dan Internet Semaksimal Mungkin

Rahasia berikutnya untuk mengembangkan bisnis UMKM dengan cepat sebenarnya masih ada hubungannya dengan poin sebelumnya. Yaitu memanfaatkan teknologi, khususnya internet, semaksimal mungkin.

Memang bahwa internet sudah menjadi bagian utama dalam hidup masyarakat Indonesia. Bahkan kini internet digunakan sebagai akses utama dalam berbelanja.

Oleh karena itu, kamu perlu memanfaatkan hal ini dalam mengembangkan dan memperkenalkan bisnis kamu ke area yang lebih luas. Bila branding secara tradisional hanya bisa kamu lakukan di daerah sekitar pusat bisnis kamu, maka internet akan membantumu melakukan branding dan mempromosikannya ke seluruh Indonesia.

Memanfaatkan teknologi bukan hanya tentang internet saja. Ada banyak teknologi-teknologi lainnya yang bisa membantumu dalam menjalani bisnis. Misalnya menggunakan bantuan komputer dan software dalam mengorganisir pekerjaan, karyawan, dan pembukuan bisnis.

 

  1. Miliki Pikiran yang Terbuka dan Terima Masukan dari Orang Lain

Terkadang dalam menjalani bisnis UMKM, terdapat keegoisan dalam diri sendiri yang membuat kita memiliki pikiran tertutup. Sehingga saran dan kritikan dari orang lain, termauk konsumen, tidak akan kita dengarkan dan justru membuat kita jengkel.

Hal ini biasa dialami oleh semua wirausahawan, khususnya yang baru menyadari bahwa bisnisnya bisa berkembang. Namun sifat seperti ini tidak bisa dibiarkan ada dalam dirimu. Sebab akan membuat bisnis kamu akan terhambat.

Mulailah membuka pikiran dan menerima masukan sekecil apapun. Hal yang paling mudah untuk memulainya adalah dengan meminta saran dari setiap konsumen bisnismu. Bila kamu memiliki bisnis yang berhubungan dengan client-client dari perusahaan besar, tanyakanlah di waktu senggang apa yang kira-kira bisa menjadi penghambat dalam bisnis kamu saat ini.

Memang prosesnya tidak semudah yang kamu kira, apalagi bila kamu menerima kritikan pedas dan tidak masuk akal dari konsumen. Namun hal ini bisa menjadi langkah paling mendasar untuk mengembangkan bisnis UMKM-mu.

 

  1. Buat Goals yang Bisa Dicapai hanya dalam Waktu Beberapa Bulan

Di masa-masa awal menjalani UMKM, kebanyakan pengusaha langsung menetapkan goals atau tujuan pencapaian yang sangat tinggi. Memang hal ini bisa memotivasi kita dalam menjalani bisnis, namun goals yang terlalu tinggi dan tak kunjung tercapai hanya akan dilupakan dan membuat kamu merasa bisnis kamu terus macet seolah-olah sulit berkembang.

Untuk mengatasinya, susunlah target pencapaian yang ringan-ringan dahulu dan bisa dicapai dalam beberapa bulan. Misalnya target penjualan naik 20% dari bulan lalu, mengurus surat-surat hak paten, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu bisa merasakan perkembangan bisnis kamu selangkah demi langkah dan tidak malah menjadi beban berat.

 

  1. Jangan Takut Mencoba

Sebenarnya bereksperimen dalam bisnis bukanlah hal yang akan membuat bisnis kamu menjadi drop hingga bangkrut. Selama kamu bereksperimen dengan hal-hal yang tidak beresiko tinggi, hal ini tidak akan terjadi.

Contohnya seperti bereksperimen dalam membuat produk baru, cara penyajian baru, atau konsep baru. Pada awalnya memang butuh waktu untuk konsumen bisa menerima hal baru dalam bisnismu. Namun bila berhasil, hal ini bisa membawa bisnis kamu semakin berkembang.

 

  1. Amati, Tiru, Modifikasi

Metode ATM atau amati, tiru, modifikasi bukan hanya berlaku untuk dunia bisnis UMKM saja, melainkan untuk semua hal dalam kehidupan kita yang berhubungan dengan ide. Sebab pada dasarnya, tidak ada yang namanya “murni ide sendiri”. Tiap orang pasti menyaksikan atau melihat suatu referensi sebelum ide mereka muncul. Hal inilah yang perlu kamu terapkan dalam bisnismu.

Bila kamu sedang bingung dalam menciptakan ide baru, turunlah ke pasar dan amati bagaimana saingan kamu menjalani bisnisnya. Setelah kamu mendapatkan referensi, modifikasi referensi tersebut dengan sesuatu yang “fresh” agar idemu bisa bersaing dengan ide milik orang lain.

 

  1. Belajar Dari Yang Ahli

Dan rahasia UMKM cepat berkembang yang terakhir adalah belajar langsung dari yang ahli. Ikuti seminar-seminar lokal yang diadakan oleh pemerintah maupun swasta.

Bila kamu tidak punya waktu untuk mengikuti seminar lokal, belajarnya dari kursus dan seminar online. Sehingga ilmu kamu dalam berbisnis akan terus bertambah. Namun pastikan kamu mengikuti seminar online dari orang yang jelas profile-nya.

Nah, seperti itulah beberapa rahasia UMKM agar cepat berkembang dan sukses. Intinya, kamu perlu menjalani semua hal dengan tekun dan tetap konsisten. Jangan cepat merasa bosan dan menyerah ketika menghadapi masalah dalam bisnis. Sebab masalah-masalah tersebut bisa membawa bisnismu menjadi lebih besar dan terus berkembang. []

You may also like...

Leave a Reply