Hati-Hati, Muntah di Dalam Taksi Tarifnya HKD 500

Prime Banner

HONG KONG – Seorang penumpang taksi perempuan yang naik dari Tsim Sha Tsui menuju Kam Tim pada Kamis (07/02/2019) malam kemarin harus membayar mahal biaya perjalanannya hingga HKD 500.

Pasalnya, perempuan yang menumpang taksi tersebut muntah di dalam taksi hingga mengakibatkan aroma menyengat dan kotoran di dalam ruangan penumpang membuat tidak lagi nyaman.

Dikutip ApakabarOnline.com dari Dimsum Daily, meskipun berkali-kali wanita tersebut telah meminta maaf, manum pengemudi taksi tetap meminta wanita tersebut untuk membersihkan taksi yang dia kemudikan dari kotoran muntahan dengan air dan tisu.

Saat diminta untuk membersihkan, wanita tersebut justru menolak dengan kalimat lantang, bahwa bukan kali ini saja dirinya muntah di dalam taksi.

Berdasarkan argo, ongkos yang harus dia bayar untuk jarak perjalanan sebenarnya hanya HKD 230 saja. Namun dia memberikan HKD 300 kepada sopir taksi dengan penjelasan kembaliannya disuruh mengambil itung-itung untuk ongkos membersihkan.

Tentu sopir menolak opsi yang diberikan penumpang tersebut, lantaran jika dia membawa taksi ke jasa pembersihan mobil, ongkos yang diberikan wanita tersebut jauh dari cukup.

Perdebatanpun terjadi dan akhirnya wanita tersebut harus merelakan uangnya sebesar HKD 500 untuk diserahkan ke sopir taksi sebagai ongkos perjalanan dan sebagai ongkos membersihkan taksi.

Uang HKD 500 menurut sopir taksi sebenarnya masih tidak layak, sebab uang tersebut tidak memberikan ganti rugi waktu dan ketidaknyamanan yang harus dia tanggung. Selama taksi dibersihkan, memerlukan waktu yang membuat sopir potensial kehilangan kesempatan untuk membawa penumpang.

Menyikapi kejadian demikian, departemen transportasi Hong Kong menyatakan pengemudi berhak membebankan biaya pengganti kepada penumpang atas kerusakan maupun ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh perbuatan penumpang.

Namun, besaran biaya yang boleh dipungut pengemudi kepada penumpang hingga saat ini tidak pernah ditentukan. Angka dan acuan relatifitas membuat besarnya pungutan tidak bisa dipastikan.[]

You may also like...