Hong Kong Sebarkan Cara Membuat Masker Pelindung Virus Sendiri

Prime Banner

HONG KONG – Ditengah situasi yang membuat warga Hong Kong memerlukan masker dalam intensitas lebih tinggi dibanding hari biasa, harga masker di pasaran menjadi semakin mahal bahkan hingga 10 kali lipat dari waktu biasa. Beberapa ilmuwan di Hong Kong menemukan cara murah dan mudah untuk membuat masker sendiri di tengah kepungan wabah virus corona.

Meningkatnya kekhawatiran wabah penyakit dengan nama resmi COVID-19 itu membuat harga masker melambung. Persediaan juga menipis. Rumah Sakit Universitas Hong Kong-Shenzheng bekerja sama dengan Science Park merancang metode pembuatan masker sendiri.

Tutorial ini tentu sangat bermanfaat mengingat ribuan orang selalu mengantre untuk masker yang harganya melonjak hingga 400 dollar Hong Kong.

“Saya harap ini bisa mengurangi kepanikan publik. Tes ilmiah masker ini bisa menjadi perlindungan jika seseorang tidak memiliki masker di rumah,” kata dewan eksekutif dan ketua Komisi Lanjut Usia Dr Lam Ching-choi seperti dikutip dari South China Morning Post, Jumat (14/2/2020).

Profesor Yuen Kwok-yung, ahli mikrobiologi dari Universitas Hong Kong mendukung penggunaan masker ini.

Joe Fan King-man, asisten kepala eksekutif rumah sakit Universitas Hong Kong, mengatakan masker buatan rumah telah menjalani tes laboratorium oleh City University. Hasilnya terbukti mencapai 80 hingga 90 persen fungsi masker bedah reguler dalam hal penyaringan aerosol dan tetesan. Meskipun demikian, masker ini tidak bisa berfungsi permanen.

“Masker buatan sendiri hanya bisa sebagai alternatif bagi mereka yang tidak memiliki peralatan tetapi perlu melindungi diri dari infeksi. Mereka tidak pernah bisa menjadi pengganti atau pengganti masker bedah,” kata Fan.

Cara membuat masker dan pelindung anda sendiri di rumah:

Barang-barang yang diperlukan: kitchen roll, kertas tisu, karet gelang, pelubang kertas, pita kertas, gunting, kawat baja berlapis plastik, sepasang gelas, map file plastik, dan klip pengikat.

Langkah-langkah pembuatan:

  • Cuci tangan Anda dengan sabun dan bersihkan barang-barang Anda
  • Letakkan satu potong kitchen roll, dengan tempat yang bersih di atas yang lain
  • Tempatkan selembar kertas tisu, yang akan bertindak sebagai lapisan bawah masker, di atas dua potong gulungan kitchen roll
  • Potong tumpukan kertas menjadi dua Gunakan pita kertas untuk menutup kedua sisi masker
  • Buat dua lubang di setiap sisi yang tertutup dengan pukulan
  • Pasang kawat logam dengan pita kertas ke tepi atas masker untuk membuat kawat jembatan hidung
  • Ikat empat karet gelang melalui lubang di sisi masker

Mudah sekali kan ? Selamat mencoba. []

You may also like...