Ingat, Berfoto Ditempat Ini Didenda dan Dipenjara

Prime Banner

HONG KONG – Sebagai kawasan yang mempersolek diri untuk menerima wisatawan, Hong Kong memiliki ribuan photo venue yang indah atau sebagian mengistilahkan dengan sebutan instagramable.

Tak hanya wisatawan, pekerja migran maupun WNI yang menetap sekian tahun lamanya pun  turut menikmati berfoto-foto di jutaan spot instagramable tersebut.

Mulai dari kawasan Hong Kong Island, New Teritorries, maupun pulau-pulau lainnya. Mulai dari kawasan pantai, national park, taman kota hingga padatnya kawasan pemukiman.

Namun tidak banyak yang mengetahui, Hong Kong melarang siapapun berfoto di kawasan ini dan menjadikan kawasan terlarang untuk berfoto.

Kawasan tersebut adalah kawasan yang populer dijuluki instagram pier di Kennedy Town.

Mengutip Hong Kong Free Press, berfoto di kawasan tersebut akan dikenai denda sebesar HKD 10 ribu dan penjara selama 6 bulan.

Berfoto-foto dikawasan tersebut sebenarnya akan menghasilkan gambar yang indah, sebuah dermaga berlatar padatnya gedung tinggi menjulang dan dihiasi dengan nyala lampu saat gelap malam telah datang. Namun demikian, ternyata dermaga ini bukanlah sebuah tempat wisata, melainkan tempat bongkar muat kapal kargo. Hal itulah yang membuat wisatawan dilarang untuk berfoto-foto di tempat ini.

Departemen Kelautan Hong Kong juga mengeluarkan selebaran yang menyatakan area Instagram Pier merupakan area kapal kargo. Selain pekerja, orang biasa ataupun wisatawan dilarang untuk memasuki kawasan tersebut.

“Departemen Kelautan Hong Kong ingin mendesak anggota masyarakat untuk tidak memasuki area kargo demi selamatan mereka sendiri,” tulis pernyataan resmi Departemen Kelautan Hong Kong.

Sebagai gantinya, pihak pelabuhan tengah mempertimbangkan area publik lain di sekitarnya yang bisa dibuka untuk umum.

“Pihak pelabuhan akan mempertimbangkan area publik terbuka di dekatnya, seperti Promenade Distrik Tengah & Barat di sebelah area kargo tersebut untuk kegiatan rekreasi wisatawan,” lanjutnya.

Saat ini, tag lokasi Instagram Pier memang jadi salah satu spot populer di Hong Kong. Selain menjadi tempat untuk foto-foto, banyak dari mereka yang menjadikan tempat ini sebagai tempat olahraga, jogging, dan mengajak hewan peliharaan mereka untuk jalan-jalan. []

You may also like...