Jelang Tengah Malam, Gempa Besar Berkekuatan 7.3 SR Guncang Maluku Tenggara

Prime Banner

JAKARTA – Gempa besar berkekuatan 7.3 SR menggu8ncang wilayah Maluku Tenggara pada Rabu (06/05/2020) pada pukul 22:53 WIT (waktu Indonesia timur).

Mengutip laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episentrum atau titik pusat gempa berada di laut Banda dengan kedalaman 133 kilometer.

 

 

BMKG merinci titik gempa berada pada 180 Km barat laut Maluku Tenggara, 283 Km timur laut Maluku Barat Daya, 331 Km barat daya Maluku Tenggara, 419 Km tenggara Ambon-Maluku, 2581 Km tenggara Jakarta.

Mengutip Kompas.com, warga Kabupaten Maluku Barat Daya belum berani masuk ke dalam rumah setelah gempa bumi berkekuatan 7,3 magnitudo mengguncang wilayah tersebut, Rabu (6/5/2020) malam. Warga memilih keluar menyelamatkan diri dari rumah-rumah mereka karena guncangan gempa sangat kuat dirasakan di dua wilayah tersebut.

“Kami masih di luar belum berani masuk ke rumah, kalau soal rumah rusak saya belum tahu,” kata Caleb Orno, salah satu warga Tiakur, Maluku Barat Daya.

Caleb mengatakan, gempa yang sangat kuat itu membuat warga berhamburan keluar rumah.

Terpisah, warga di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Simon Barutresia juga merasakan getaran yang sangat kuat.

“Paling kuat sekali di sini,” kata Simon.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Ambon, Andi Azhar Rusdin membenarkan gempa tersebut dirasakan sangat kuat getarannya, tidak hanya di Tepa dan Tanimbar, namun hingga ke sejumlah wilayah di Maluku seperti Dobo, Kepulauan Aru, Tual, Banda, Maluku Tengah hingga ke sejumlah daerah di Papua seperti di Sorong, Fak-Fak, Kaimana dan daerah lain.

“Getarannya sangat kuat sekali dirasakan warga di Tepa dan Saumlaki dengan skala IV MMI. Warga di Dobo, Banda Tual, Tiakur dan sejumlah daerah lain di Papua juga merasakan getaran yang kuat dengan skala III MMI,” ungkapnya

Sejauh ini, kata Andi, pihaknya belum mendapatkan laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan dari guncangan gempa tersebut. []

You may also like...