Kenalkan, Namanya Ali, Lima Tahun Jadi PMI, Kini Sukses Menjadi Dokter Shockbreaker

Prime Banner

JAKARTA – Tidak ada yang menyangka, sebuah bengkel spesialis sokbreker yang berada di kawasan Cibubur, Jakarta Timur berawal dari seorang pria yang menjadi pekerja migran Indonesia (PMI).

Pria itu bernama Ali, kelahiran Demak, Jawa Tengah yang memutuskan untuk menjadi PMI pada tahun 1990-an.

“Dulu saya pernah di Selangor, Malaysia, jadi TKI selama lima tahun sekitar tahun 1990-an, saya di sana utak-atik motor gede alias moge punya bos saya,” katanya dikutip dari group Detik,  Selasa (13/08/2019).

Dia bercerita bahwa saat itu bosnya punya banyak moge merek Harley Davidson, dan ia dipercaya untuk merawat semua moge tersebut.

Hingga suatu hari, bosnya pergi dan Ali diperintahkan untuk merawat motor milik bosnya. Setiap hari satu per satu moge milik bosnya dirawat dan sesekali ia pakai jalan-jalan. Hingga salah satu sokbreker moge tersebut ada yang bocor.

“Nah dari situ saya coba betulin sendiri, awalnya begitu,” sambungnya.

“Akhirnya bos saya mengetahui kalau shock motornya saya yang perbaiki, dan bos saya bilang ko bisa bagus,” lanjut dia lagi.

Saat itu Ali menjawab, “orang Indonesia apa sih yang gak bisa,”. kilahnya sembari terkekeh.

Dari sana, bos Ali malah mengundang teman-teman club mogenya untuk minta memperbaiki shockbreakernya.

“Nama clubnya Ulat KL motor besar semua isinya, kalau touring ke luar negeri,” katanya.

Namun keterampilan Ali malah membuatnya kesal karena merasa dimanfaatkan dan kerap kali disuruh memperbaiki sokbreker tanpa uang tip.

“Saya gak mau,” ungkapnya.

Dari hobi moge dan pernah perbaiki sokbreker, akhirnya ia mencoba kembangkan lagi ke motor-motor yang lebih kecil lainnya.

Nah bisa buka bengkel Prima di Cibubur, singkat cerita, Ali menelfon kakaknya yang berada di Jakarta untuk buka bengkel sokbreker.

“Sekitar tahun 2.000-an, saya telfon kaka saya dan minta buatkan bengkel di Jakarta, saya ajari kakak saya tentang sokbreker, saya foto, saya kirim lewat pos dari Malaysia, begitu terus sampai abang saya bisa,” jelas dia.

“Akhirnya kakak saya bisa dan buka bengkel Prima ini di Cibubur, Jakarta Timur sampai saya memutuskan untuk pulang, dan kini bengkelnya saya yang pegang,” tambah Ali.

Kini ia memliki 3 anak buah untuk membantu melayani pelanggannya.

Menariknya, bengkel Prima dalam kesehariannya tidak pernah tampak sepi, selalu ramai oleh pelanggan dari berbagai jenis motor. Mulau bebek, matik, hingga moge.

Ali yang dulu PMI, kini lebih dikenali sebagai Dokter Shockbreaker yang cukup mumpuni. Yang sokbreker motornya bermasalah, bisa coba tuh mampir! []

You may also like...

Leave a Reply