Keren, Moda Angkutan Umum Bertenaga Listrik Sudah Mengaspal di Indonesia

Prime Banner

JAKARTA – PT Transjakarta menguji coba dua Bus Listrik dengan rute Blok M-Balai Kota, Uji Coba ini akan dilaksanakan selama tiga bulan ke depan.

Setelah tiga bulan, bus ini bakal dievaluasi, bila layak armada itu bakal diperbanyak untuk beroperasi secara komersial di Ibu Kota.

“Selama tiga bulan ini kita sediakan dua Bus Listrik saja, ini kan sampel, jadi contoh untuk diperkenalkan kepada masyarakat,” kata Direktur Utama PT Transjakarta, Sardjono Jhony Tjitrokusumo dalam diskusi virtual, Senin (06/07/2020).

Sementara itu, Kepala teknik dan pengembangan Bus Listrik Transjakarta Ery Priwan mengatakan, Uji Coba dilakukan untuk menghasilkan rekomendasi bagi operator bus lainnya dan Dinas Perhubungan DKI sekaligus untuk mengetahui kelayakan operasi bus bebas emisi ini.

“Tujuan akhirnya (dari Uji Coba) adalah untuk menghasilkan rekomendasi-rekomendasi pemilihan penyedia pada proses pengadaan Bus Listrik kepada Dishub DKI dan operator,” ujarnya.

Untuk mengetahui ketahanan komponen dan teknologi yang diaplikasikan pada Bus Listrik ini, durasi armada yang diuji coba bakal ditingkatkan secara bertahap mulai dari 7 jam beroperasi lalu ditingkatkan menjadi 10 jam.

“Dari situ kita akan melihat apakah itu (Bus Listrik) bisa diimplementasikan di Jakarta. Karena Jakarta juga trafficnya macet, panas, temperaturnya tinggi, itulah kondisi jalan kita,” pungkasnya.[]

You may also like...