Kesadaran Masyarakat Nganjuk Gunakan Masker Masih Rendah

Feature Image Kesadaran Masyarakat Nganjuk Gunakan Masker Masih Sangat Rendah (Foto Faktual News)
Feature Image Kesadaran Masyarakat Nganjuk Gunakan Masker Masih Sangat Rendah (Foto Faktual News)
Prime Banner

NGANJUK – Salah satu himbauan nasional terkait dengan upaya pencegahan dan penanganan wabah COVID – 19 adalah himbauan mengenakan masker saat berada atau berkegiatan diluar rumah bagi seluruh warga.

Di Nganjuk, istri Bupati Nganjuk, sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK, Novi Rahmat Hidayat turun ke masyarakat untuk menyosialisasikan himbauan.

Dukutip dari Faktual News, Yuni Sophia Hidayat prihatin atas minimnya kesadaran warga untuk menggunakan masker, sesuai anjuran pemerintah di tengah pandemi Covid-19.

“Ini yang masih kurang (kesadaran warga). Tadi ketemu di jalan saya tanya kenapa nggak pakai masker, ada yang bilang belum punya, belum beli, ada yang nggak dikasih,” kata Yuni saat kunjungan menyerahkan bantuan ke warga di Desa Ndrenges, Kecamatan Kertosono, Rabu (15/ 04/ 2020).

Menurutnya, karena minimnya kesadaran warga inilah yang menjadi salah satu alasan dirinya turun ke masyarakat. Yakni untuk menggugah kesadaran warga tentang pentingnya penggunaan masker.

“Ini juga (kesadaran) yang membuat saya harus turun ke lapangan memberikan sosialisasi, dan memberikan bantuan,” ungkapnya.

Ia menuturkan, PKK sedang menyiapkan 10.000 hingga 50.000 masker yang mulai dibagikan ke warga. Selain masker, adapula sembako yang diberikan kepada warga. “Dananya dari penggalangan di PKK, bisa juga subsidi dari Dinsos,” ujar Yuni.

Adapun pembagian masker ini dilakukan Yuni di antaranya di Pasar Sukomoro, Pasar Baron kepada para pedagang, pembeli, tukang becak, serta warga di beberapa titik. Kegiatan ini dilakukan hingga Pandemi Covid-19 dinyatakan kondusif oleh pemerintah. []

 

You may also like...