October 23, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Korea Selatan Darurat Corona, Begini Kabar PMI Menurut Bu Menteri

1 min read
People wait at a crosswalk along the Dongseong-ro shopping street in Daegu, South Korea. The country reported 142 new coronavirus cases on Saturday. © Reuters

People wait at a crosswalk along the Dongseong-ro shopping street in Daegu, South Korea. The country reported 142 new coronavirus cases on Saturday. © Reuters

Prime Banner

JAKARTA – Menyusul Wuhan, diluar dugaan, Korea Selatan tiba-tiba juga menjadi perhatian dunia. Pasalnya, perkembangan wabah corona yang menular antar manusia di Korea Selatan mengalami peningkatan dratis dalam beberapa hari sejak beberapa warganya terjangkiti virus corona usai mengunjungi tempat ibadah.

Beberapa negara mengeluarkan peringatan merah, travel warning ke Korea diantaranya Hong Kong dan Amerika setelah dua kota di negara gingseng tersebut diisolasi karena wabah corona.

Korea Selatan merupakan salah satu negara tujuan pengiriman PMI yang jumlahnya tidak sedikit. Bagaimana kabar PMI di sana ?

Mengutip Sindo News, Menaker Ida Fauziah menegaskan pemerintah RI akan selalu memantau.

“Sampai hari ini, belum ada tenaga kerja kita di Korea Selatan yang terkena virus corona,” tegasnya dihadapan jurnalis di Jakarta kemarin (25/02/2020).

Pemerintah menegaskan, pemantauan dilakukan bukan hanya pada PMI yang tinggal dan bekerja di dua kota yang saat ini diisolasi yaitu Daegu dan Cheonan saja, melainkan diseluruh wilayah Korea Selatan.

Pemerintah, tambah Ida membuka posko pengaduan online terkait wabah corona di Korea.

“Kami sudah membuka call center sejak itu, atase tenaga kerja kita dan perwakilan kita sudah membuka call center di masing-masing kota dan negara. Perwakilan atase tenaga kerja kita juga sering berkomunikasi dengan teman pekerja migran kita,” pungkasnya. []

Advertisement