October 30, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Melandai, Sudah Dua Pekan, Hong Kong Bebas Penularan Lokal Virus Corona

1 min read
Photo May Tse - SCMP

Photo May Tse - SCMP

Prime Banner

HONG KONG – Upaya serius yang dilakukan otoritas Hong kong akhirnya menampakkan hasil gemilang. Selama dua pekan atau 14 hari belakangan, otoritas Hong Kong secara berturut-turut tidak menemukan penularan lokal virus corona baru.

Namun demikian, penularan atau transmisi impor sempat dilaporkan terjadi pada 1 Mei 2020 kemarin, yakni kedatangan dua warga yang kembali dari Pakistan.

Mengutip SCMP, Minggu (03/05/2020) Hong Kong Center for Healthy Protection (CHP) menyebut, hingga saat ini kasus positif COVID-19 di Hong Kong mencapai 1.039 dengan 4 kematian.

“Mengingat bahwa situasi infeksi Covid-19 tetap parah dan bahwa ada peningkatan terus-menerus dalam jumlah kasus yang dilaporkan di seluruh dunia, anggota masyarakat sangat didesak untuk menghindari semua perjalanan tidak penting di luar Hong Kong,” terang sumber dari CHP.

Pemerintah tetap meminta masyarkat untuk menjaga jarak fisik sejauh mungkin meski kasus-kasus menunjukkan penurunan. Pemerintah juga mengimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah dan menghindari kegiatan sosial seperti makan bersama.

Selama dua pekan terakhir, Hong Kong telah mencatat 14 kasus infeksi Covid-19 baru yang semuanya impor, bukan lokal. Terakhir kali Hong Kong mengonfirmasi transmisi lokal adalah pada 19 April.

Namun demikian, pejabat kesehatan mengatakan wabah mematikan ini hanya dapat dianggap terkendali jika tidak ada kasus baru yang dilaporkan selama setidaknya satu atau dua periode inkubasi. Hal itu berarti dua pekan hingga satu bulan.

Fakta nol kasus lokal selama dua pekan, menambah kuat rencana pembukaan kembali fasilitas umum dan memulai bekerja dari kantor seluruh PNS di Hong Kong secara bertahap pada 7 Mei mendatang. []

Advertisement