Menanam Pohon, Amal Jariyah yang Pahalanya Tak Pernah Putus

Prime Banner

ApakabarOnline.com – Sebagian dari kita mungkin tahu, bahwa bersedekah tidak harus dengan materi. Kita bisa bersedekah dengan apa pun untuk membantu orang lain.

Salah satu sedekah yang paling mudah adalah Menanam Pohon. Menanam Pohon juga disebut dengan Sedekah Jariyah, di mana pahala tersebut tidak akan terputus hingga hari kiamat.

Sebagaimana dalam sebuah riwayat dari Sahabat Jabir, ketika Rasulullah saw memasuki kebun Ummu Ma’bad, ia berkata, “Wahau Ummu Ma’bad, siapakah yang menanam kurma ini? muslim atau kafir?”

Ummu Ma’bad pun menjawab, “Muslim.”

Lalu Rasulullah bersabda, “Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu memakannya baik manusia atau keledai atau burung kecuali akan menjadi sedekah baginya hingga hari kiamat.” (HR. Muslim).

Seperti diketahui, Menanam Pohon memiliki banyak sekali manfaat, baik bagi makhluk hidup maupun alam sekitar. Misalnya saja, hewan-hewan yang di sekitar pohon tersebut bisa mengambil buah atau sekadar berteduh.

Pohon juga bisa mengurangi kadar karbon dioksida dan memasok oksigen lebih banyak sehingga bisa mengatasi polusi udara.

Dengan manfaat tersebut, maka seseorang yang Menanam Pohon akan mendapatkan pahala yang terus mengalir.

Riwayat lain yang mengatakan keutamaan Menanam Pohon, salah satunya dari hadis riwayat Bukhari dan Ahmad, “Jika terjadi hari kiamat sementara di tangan salah seorang dari kalian ada sebuah tunas, maka jika ia mampu sebelum terjadi hari kiamat untuk menanamnya maka tanamlah.”

Terdapat sebuah kisah dari sahabat Rasulullah yang bernama Abu Darda’. Ketika seorang laki-laki bertemu dengan Abu Darda’ yang sedang Menanam Pohon, laki-laki itu pun bertanya, “Wahai Abu Darda’, mengapa kau tanam pohon ini, padahal engkau sudah tua sedangkan pohon ini tidak akan berbuah kecual sekian tahun lamanya?”

Abu Darda’ pun menjawab, “Bukankah aku yang akan memetik pahalanya di samping untuk dimakan orang lain?”

Oleh karenanya, jika kita memiliki lahan kosong yang bisa ditanami, maka tanamilah lahan tersebut dengan tumbuhan yang bermanfaat. Wallahu a’lam.[Rahma]

You may also like...

Leave a Reply