Mendengar Bisikan, Wiji Fitriani Menjadi Kanibal Memakan Jarinya Sendiri

Prime Banner

KEDIRI – Masih ingat peristiwa mengerikan yang menimpa Sumanto, pria asal Jawa Tengah yang pernah membuat heboh jagat media Nusantara lantaran aksi kanibal Sumanto memakan daging jasad sesama manusia. Peristiwa tersebut kembali terjadi di Kediri.

Dinukil dari Jatim Now, Widji Fitriyani (28) warga Dusun Tambak, Desa Ngadi, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, disebut menderita skizofrenia atau gangguan jiwa akibat fungsi otak yang terganggu.

Plt Kepala Puskesmas Ngadi, dr Rindang Farihah Idana mengatakan jika pasien memiliki riwayat penanganan medis hingga tiga kali di RSJ Lawang Malang.

“Jadi penyakitnya namanya Skizofrenia ya, jadi ada bisikan-bisikan, halusinasi suara dan lain-lain sehingga menggigiti tangannya. Ini alasan Widji kerap menyebut aktivitasnya dilatarbelakangi oleh bisikan yang sulit dikendalikan atau halusinasi,” katanya, Senin (22/4/2019).

Ia melanjutkan, perbuatan memakan jari tangan dilakukan Widji diluar kesadaran dalam setahun terakhir. Tanpa disadari, aktivitas itu membuat jarinya membusuk dan putus karena tidak ada penanganan serius terhadap luka yang menganga di tangannya.

“Kuman dari gigitannya tersebut yang kemudian dibiarkan hingga membusuk tanpa pengobatan” ujarnya.

Widji sendiri kini dirawat di RSJ Menur oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Selama ini, Jirah nenek dari Widji tidak mengizinkan cucunya untuk diobati.

Bahkan saat akan dilakukan operasi di RSUD Pare, Jirah menangis dan memohon untuk tidak dilakukan amputasi ke cucunya.

“Tapi kali ini kita berhasil menjelaskan dan meyakinkan ke Nenek Jirah agar cucunya bisa dirawat di RS Menur dan biayanya semua ditanggung oleh provinsi,” tukasnya.

Tim khusus Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur Surabaya sejak Sabtu (20/4/2019) dengan beranggotakan tim dokter, psikiater, dokter umum, serta perawat mengawal pengobatan Widji selama 24 jam, Senin (22/4/2019).[]

You may also like...