Menghantam Filipina Utara, Mangkhut Tewaskan 3 Orang, Puluhan Orang Terluka dan Hilang

Prime Banner

ApakabarOnline.com – Selama kurang lebih 9 jam, Super Typhoon Mangkhut memporakporandakan daratan utara pulau Luzon Filipina. Topan yang oleh warga setempat disebut dengan topan Ompong ini oleh beberapa pihak di Filipina diakui sebagai Topan terganas sepanjang tahun ini.

Hembusan Topan Mangkhut sudah brelalu dari Filipina. Pusaran angin kembali berangsur normal seperti sedia kala. Namun dampak yang ditinggalkan menyisakan air mata.

Philstar.com dalam laman pemberitaannya melaporkan, sampai dengan pukul 16 petang tadi, tercatat ada 3 orang yang ditemukan tewas menjadi korban, 51 orang terluka dan 42 dinyatakan hilang.

Dampak yang diakibatkan di daratan utara negeri pimpinan Duterte ini bukan hanya kerusakan fisik saja. Banjir yang menggenang akibat hujan super deras, serta tanah longsor membuaat situasi kacau balau. Ombak di pesisir timur bagian utara Luzon dikabarkan setinggi 8 meter menghantam daratan.

Kini, kepala pusaran topan sudah bergerak meninggalkan perairan Filipina, dan sedang lurus menuju arah 200 km selatan Hong kong. Diperkirakan, pusaran kepala topan Mangkhut akan menunjukkan kehebatannya di daratan Hong Kong pada hari Minggu (16/08/2018) menjelang tengah hari.

Perintah Rasulullah Saat Diterpa Topan Badai Adalah Berdzikir dan Berdoa

Meski kepala pusaran tidak menghempas secara langsung di wilayah daratan Hong kong, namun kekuatan hempasan topan mangkhut yang memiliki daya jangkau hingga radius 900 km diprediksi akan membuat otoritas Hong Kong memasang sinyal peringatan antara 11 hingga 14.

Berikut penampakan foto pasca terpaan badai Mangkhut di Filipina utara yang dihimpun dari berbagai sumber :

This slideshow requires JavaScript.

You may also like...