Otoritas Hong Kong Terbitkan 5 Pecahan Uang Baru

Prime Banner

HONG KONG Melalui laman resminya, The Hong Kong Monetary Authority (HKMA) yang lebih dikenal dengan lembaga keuangan Hong Kong beserta tiga bank besar di Hong Kong, Standart Chartered Bank Limited (SCBL), Bank of China (BoC) Limited dan The Hong Kong and Shanghai Banking Corporation (HSBC) Limited meresmikan uang kertas baru pada Selasa, (24/07/2018) pekan ini.

Pertama dalam satu dasawarsa terakhir lembaga keuangan menerbitkan seri baru dengan warna sama dalam nominal berbeda, setidaknya akan ada lima jenis. Meski warna sama, masyarakat akan dengan mudah mengenalinya karena uang kertas tersebut mengambil gambar lokasi-lokasi strategis, alami dan familiar di Hong Kong (Cultural Herritage) yang menunjukkan tempat tersebut adalah kota metropolitan internasional.

Uang kertas HK$ 1000 bergambar The Five Denomination depict respectively the position of Hong Kong atau International Financial Centre, HK$ 500 bergambar The Spectaculer Hong Kong UNESCO Global Geopark, HK$ 100 bergambar Cantonese Opera (Art and Cultural Legacy of Hong Kong), HK$ 50 bergambar kupu-kupu dan HK$ 20 bergambar dimsum dan teh (Yum Cha-Tea Culture).

Desain dibuat orientasi vertikal dan horizon tradisional lay out. Semua desain lima uang kertas baru tersebut diresmikan di hari yang sama. Untuk nominal HK$ 1000 dan HK$ 500 akan dirilis pada akhir Desember 2018 dan awal tahun 2019, sedangkan nominal HK$100, HK$50, dan HK$20 akan dirilis diantara tahun 2019 dan 2020.

Uang kertas baru memiliki keamanan yang tidak memungkinkan untuk dipalsukan, pun mempermudah bagi warga yang memiliki keterbatasan (tuna netra).

“ Terima kasih kepada Chinese Artists Association of Hong Kong, West Kowloon Cultural District Authority, Agriculture, Fisheries dan Conservation Departement. Juga The Hong Kong Academy for Performing Art atas dukungan dan kontribusinya hingga lahir specimen uang kertas baru di tahun 2018 ini..” Kata Mr Norman Chan, Chief Executive of the HKMA dalam rilisnya di Oval Atrium, IFC Hall.

Sementara Ms Mary Huen, Chief Executive Officer of Standart Chartered Bank Ltd mengatakan bahwa desain specimen series itu mengambil atribut warga Hong Kong yang unik, cerdas dan bijak, resiliensi dan gigih, taat pajak dan penuh inovasi, maju bersama, berbagi dan peduli.

Saat lima jenis uang baru tadi disatukan dengan background dari siluet Lion Rock, menunjukkan spirit Hong Kong yang otomatis akan terhubung dengan kebersamaan yang indah. Bank Standart Chartered (BSC) sangat bangga bisa ikut berkontribusi dalam rilis specimen itu. Dengan motto “here for good”, BSC berkotmitmen akan selalu melayani Hong Kong dengan baik.

Kemudian, Mr Gao Yingxin, Vice Chairman dan Chief Executive BOC mengaku sudah lama melayani nasabah yang notabene warga Hong Kong. Uang kertas baru tersebut didedikasikan kepada para nasabah setia, baik tua mau pun muda. Dan, akan terus berusaha memberikan yang terbaik.

Sedangkan dari pihak HSBC, Mr Peter Wong, deputy chairman dan chief executive optimis pengeluaran uang baru yang pertama kalinya menggunakan lukisan cat air untuk menggambarkan sejarah penting to imagery that highlight facets of life in Hong Kong. Hong Kong terkenal dengan warganya yang pekerja keras dan berjiwa entrepreneur tinggi.

Lebih dari 153 tahun, HSBC berkontribusi dalam pembangunan dan usaha di Hong Kong. Nah, dengan diluncurkannya uang baru itu, HSBC berharap akan makin bermanfaat dalam perkembangan ekonomi masyarakat.

HKMA me-launching dan mempromosikan produk baru ini pada Rabu, (25/07/2018) di Oval Atrium, IFC Mall. Tujuannya agar masyarakat cepat mengenali uang baru, pun akan melakukan edukasi, baik lewat aplikasi mobil banking dan aplikasi ponsel pintar. [Anna Ilham]

You may also like...