October 22, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Pentingnya Penggunaan Internet untuk Pelaku Bisnis UKM

4 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com – Ada banyak alasan internet untuk bisnis UKM. Namun, masih banyak saja para pengusaha pemilik UKM yang enggan atau menunda menggunakan bantuan internet pada bisnisnya. Biasanya hal ini paling sering terjadi pada UMKM yang dibuat oleh pengusaha berusia 30 tahun ke atas yang belum terbiasa dengan internet.

Padahal faktanya, internet bisa menjadi salah satu bagian terpenting dalam sebuah usaha saat ini. Mengingat kini internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia.

Memanfaatkan internet untuk bisnis akan sangat membantu anda ketika ingin membuat promosi dan ingin mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, mulailah menggunakan internet dalam bisnis anda mulai dari sekarang.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, ada banyak orang yang masih menyepelekan pentingnya internet untuk keberlangsungan bisnis. Padahal sudah banyak bukti bisnis yang sulit berkembang bahkan harus bangkrut karena tidak bisa mengikuti perkembangan jaman.

Namun bila anda masih ragu dalam melibatkan internet ke dalam bisnis anda, berikut ini beberapa alasan mengapa anda wajib menggunakan internet untuk usaha dan bisnis.

 

  1. Memiliki Banyak Fungsi

Kita semua pasti sudah tahu bahwa internet memiliki banyak fungsi, bukan hanya untuk kehidupan manusia namun juga untuk keberlangsungan bisnis. Salah satu yang paling utama adalah ketika kita ingin melakukan promosi dan branding usaha.

Bukan hanya itu, internet ini juga bisa berfungsi sebagai media komunikasi professional baik antara anda dengan klien maupun antara bisnis anda dengan pelanggan. Mengingat salah satu penyebab mengapa banyak bisnis yang harus gulung tikar adalah karena pelanggannya tidak bisa menyampaikan kritikan atau pesan terhadap produk yang dibuat oleh bisnis tersebut.

Jadi, internet ini layaknya satu paket alat serba guna yang memiliki banyak fungsi untuk bisnis anda.

 

  1. Mudah Dipelajari

Siapa bilang internet adalah hal yang sulit untuk digunakan? Mungkin orang yang berkata seperti itu adalah orang yang enggan belajar mengenai internet. Sebab faktanya, internet tidak sesulit yang anda semua kira.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya anak-anak muda yang sudah mahir menggunakan internet untuk pengembangan bisnis mereka. Memang beberapa orang yang sudah berusia agak terlambat untuk mempelajari hal ini.

Namun terlambat lebih baik daripada tidak sama sekali. Dan sudah tersedia banyak tutorial dan penjelasan mengenai cara menggunakan internet sebagai alat pembantu mengembangkan bisnis. Sekarang kembali lagi kepada anda yang ingin mempelajarinya atau tidak.

 

  1. Meningkatkan Profesional Bisnis

Pada jaman dulu, mungkin bisnis atau usaha yang terlihat professional adalah bisnis yang memiliki surat-surat lengkap, memiliki banyak karyawan, dan branding yang kuat dan jelas. Namun kini, memiliki website dan akun media sosial juga menjadi salah satu aspek yang tidak kalah penting agar bisnis UKM anda terlihat professional.

Belakangan ini, banyak klien atau investor yang lebih suka bekerja sama dengan bisnis-bisnis yang sudah memiliki website resmi. Hal ini dikarenakan website menjadi salah satu bagian dari branding modern yang meningkatkan profesionalitas bisnis.

Tanpa adanya website, klien dan pelanggan akan menganggap bisnis anda ketinggalan jaman atau bahkan kurang professional. Oleh karena itu, pertimbangkanlah untuk membuat website sendiri sebagai salah satu cara memanfaatkan internet untuk bisnis.

 

  1. Membuat Bisnis Bisa Dijangkau Oleh Lebih Banyak Orang

Melakukan promosi adalah salah satu hal yang penting untuk membuat bisnis anda dikenal. Sehingga akan lebih baik jika promosi yang anda lakukan bisa menjangkau orang sebanyak-banyaknya. Sayangnya untuk membuat promosi dengan jangkauan yang lebih luas, membutuhkan tenaga yang cukup banyak dan biaya yang besar.

Nah, disinilah alasan mengapa anda harus menggunakan internet sebagai media promosi bisnis. Sebab internet bisa mempromosikan bisnis anda dengan jangkauan yang lebih luas. Bahkan seluruh Indonesia hingga masyarakat Asia bisa terjangkau oleh promosi yang anda lakukan.

Caranya adalah dengan melakukan promosi di media sosial. Sebab seperti yang sudah kita semua ketahui, kini setiap orang di seluruh dunia memiliki media sosialnya masing-masing.

Oleh karena itu, kita bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan promosi di media sosial yang memiliki peluang lebih besar menjangkau lebih banyak orang. Bahkan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube hingga Whatsapp sekali pun menyediakan layanan untuk anda berpromosi di sana.

 

  1. Membutuhkan Biaya Yang Lebih Kecil Untuk Promosi

Melakukan promosi dengan jangkauan yang luas membutuhkan biaya yang cukup besar serta tenaga SDM yang banyak. Namun dengan menggunakan internet untuk bisnis, anda bisa melakukan promosi dengan biaya lebih sedikit, SDM lebih sedikit, dan tetap mendapatkan jangkauan yang sama.

Sebab melakukan promosi di internet memiliki harga yang sangat fleksible. Anda bisa mempersiapkan budget mulai dari 5 ribu rupiah hingga 15 juta rupiah. Tergantung berapa banyak jangkauan yang ingin anda targetkan serta berapa lama iklan anda akan ditayangkan.

Anda juga bisa mengawasi berapa banyak akun media sosial yang sudah terjangkau dengan promosi yang anda buat. Dan semua kegiatan ini bisa anda lakukan sendirian, bahkan tanpa harus keluar rumah.

Intinya adalah dengan mempelajari bagaimana cara melakuakan promosi berbayar di media sosial.

 

  1. Tidak Membutuhkan Banyak SDM dan Tenaga Kerja

Alasan anda perlu mulai menggunakan internet untuk mengatur bisnis adalah karena internet ini bisa membantu anda mengurangi tenaga kerja. Sehingga untuk bisnis UKM dengan budget kecil dan tenaga kerja sedikit pun bisa tetap bersaing dengan bisnis yang memiliki banyak tenaga kerja.

Memang internet tidak bisa membantu anda dalam hal produksi dan quality control, namun internet bisa membantu anda dalam mengatur penjualan, promosi, hingga mengatur pencatatan setiap bulan hingga setiap tahun.

Anda bisa memanfaatkan internet sebagai lahan berjualan dengan cara membuat toko onine di e-commerce ternama. Sehingga anda tidak perlu melakukan drop barang ke toko offline seperti biasa yang membutuhkan tenaga pekerja tambahan.

Anda juga bisa mencatat tiap barang yang terjual termasuk jumlah barang, keuntungan, modal, dan lain-lain dan langsung menyimpannya di cloud. Sehingga anda tidak perlu menggunakan buku lagi yang bisa tercecer dan mudah hilang ketika lupa menyimpannya.

Nah, seperti itulah beberapa alasan mengapa anda harus mulai menggunakan internet untuk bisnis UKM. Memang memiliki toko offline dan tetap menggunakan cara lama bukanlah hal yang buruk. Namun dengan mulai melibatkan internet, bisnis anda bisa berkembang lebih cepat. Anda juga bisa terus mengikuti perkembangan jaman dan tidak takut bisnis UKM anda dilupakan karena tergerus oleh jaman yang terus berkembang. [Deonlev]

Advertisement