October 22, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Perbaiki Kerusahan Fasilitas Umum Selama Unjuk Rasa, Otoritas Hong Kong Keluarkan Biaya Hingga HKD 66,25 Juta

2 min read
Prime Banner

HONG KONG – Unjuk rasa berkepanjangan selama separuh terakhir tahun 2019 silam menyisakan kerusakan dan kerugian yang harus ditanggung oleh pemerintah Hong Kong. Kerusakan fasilitas umum dilaporkan telah menelan biaya hingga HKD 66,25 juta untuk memperbaikinya.

Hal tersebut disampaikan oleh dengan terperinci dalam siaran pers yang dikeluarkan pada Rabu (10/06/2020) kemarin.

Sekretaris untuk Transportasi dan Perumahan, Frank Chan menyatakan selama unjuk rasa berlangsung sejak Juni 2019 hingga Mei 2020, sebanyak 740 lampu lalulintas dilaporkan rusak dan harus diganti.

Kerusakan tersebut disebut bervariasi mulai dari kerusakan total, kerusakan sebagian seperti bagian kabel, bagian mika pelindung serta bagian-bagian lain.

Memulihkan keberadan lampu lalu lintas ini, Frank menyebut telah menghabiskan biaya sebesar HKD 40 juta dengan penambahan jaring pelindung agar tidak mudah dirusak disamping pengadaan serta penggantian lampu.

Fasilitas permukaan jalan baik jalan yang dilintasi oleh kendaraan maupun lintasan pejalan kaki berupa paving blok serta pagar pembatas juga mengalami kerusakan yang tidak bisa disepelekan.

Dalam keterangan persnya, Frank menyebut setidaknya ada 22 ribu meter persegi paving blok yang harus diganti baik di bagian jalan raya maupun di bagian pedestrian.

Disamping itu, sepanjang 60 km pagar pembatas jalan didapati juga mengalami kerusakan dan harus dibesi-tuakan.

Untuk memperbaiki paving dan pagar pembatas tersebut, pemerintah Hong kong memerlukan biaya sebanyak HKD 15 juta.

Padahal, kerusakan yang terjadi pada area pejalan kaki atau trotoar buikan hanya bagian permukaan jalan saja. da banyak bagian yang harus diperbaiki mulai dari rambu penunjuk umum, rambu penunjuk orang difabel dan bagian bagian lain. Memperbaiki dan memulihkan fungsi trotoar, pemerintah Hong kong merogoh kocek anggaran hingga HKD 8 juta.

Kerusakan lain yang mencolok dan harus diperbaiki adalah unit public CCTV dan tong sampah. Dalam keterangan persnya, otoritas hong kong menyebut, telah mengganti sedikitnya 177 unit public CCTV yang memerlukan biaya sebesar HKD 1,57 juta.

Sementara itu, total 1.320 tong sampah serta 130 box sampah daur ulang yang mengalami kerusakan, untuk menggantinya memerlukan biaya sebesar HKD 1,68 juta.

Dari perincian tersebut, secara keseluruhan, otiritas Hong Kong telah mengeluarkan anggaran hingga HKD 66,25 juta. []

Advertisement