Ribuan PRT di Hong Kong Asal Filipina yang Cuti, Akhirnya Bisa Kembali, Tapi …

Prime Banner

HONG KONG – Sejak tanggal 5 Februari 2020 kemarin, otoritas Filipina memberlakukan pelarangan perjalanan ke beberapa negara terdampak virus corona yang diantaranya adalah Hong Kong dan Makau. Imbasnya, ribuan pekerja rumah tangga asal Filuipina yang sedianya akan kembali bekerja ke Hong Kong dan Makau tidak bisa kembali bekerja karena peraturan tersebut.

Tentu saja, gagalnya mereka kembali bekerja menjadi keluhan ribuan rumah tangga di Hong Kong dan Makau yang memperkerjakan mereka.

Banyak yang menyambut gembira terutama kalangan pekerja rumah tangga yang sebelumnya terisolasi di Filipina dan kalangan majikan di Hong Kong atas pencabutan larangan tersebut.

Mengutip SCMP, pencabutan pelarangan bepergian bagi para pekerja rumah tangga Filipina di Hong Kong dan Macau setelah organisasi penyedia tenaga kerja di Hong Kong meminta pemerintah Filipina membebaskan para pekerja itu dari kebijakan larangan berkunjung ke Cina.

Sementara itu, Salvador Panelo, juru bicara Kepresidenan Filipina menyatakan, mereka boleh kembali bekerja ke Hong Kong setelah mereka menandatangani surat pernyataan tertulis bahwa mereka telah sadar resikonya jika kembali ke Hong Kong. []

You may also like...