Saat Ribuan PMI Ingin Segera Sampai Kampung Halaman, Ratusan PMI ini Memilih Bertahan di Wisma Karantina Meski Telah Dinyatakan Negatif COVID-19

FEATURE IMAGE Saat Ribuan PMI Ingin Segera Sampai Kampung Halaman, Ratusan PMI ini Memilih Bertahan di Wisma Karantina (Foto Istimewa)
FEATURE IMAGE Saat Ribuan PMI Ingin Segera Sampai Kampung Halaman, Ratusan PMI ini Memilih Bertahan di Wisma Karantina (Foto Istimewa)
Prime Banner

JAKARTA – Puluhan ribu pekerja migran Indonesia (PMI) telah masuk ke wilayah NKRI setelah mereka dipulangkan dari berbagai negara asal penempatan selama pandemi COVID-19. Uniknya, disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, banyak pekerja migran indonesia (PMI) yang tidak pulang ke daerah asal, meski sudah dinyatakan negatif virus corona. Mereka memilih bertahan dan mencari kerja di Jakarta.

Disebutkan Doni Monardo, pemerintah mencatat ada sebanyak 141.423 orang pekerja migran Indonesia yang akan kembali ke Indonesia.

Dari jumlah tersebut, lanjutnya, ada sebanyak 15.343 PMI yang telah tiba di Jakarta dan Bali. Kemudian sebanyak 79.444 PMI telah kembali melalui Batam, Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara.

Sisanya, 46.636 PMI masih dalam proses kepulangan ke Tanah Air.

“Sebagian lagi masih dalam proses kepulangan terutama warga negara kita yang bekerja di sejumlah kapal-kapal pesiar dan juga di beberapa negara lainnya,” kata Doni Monardo dalam konperensi pers seusai ratas melalui video conference, Kamis (04/06/2020) kemarin.

Disebutkannya, dari jumlah 15.343 PMI yang telah berada di Bali dan Jakarta, ada sebanyak 783 PMI yang tidak mau dipulangkan ke daerah asal, meski mereka telah dinyatakan negatif virus corona. Kini mereka masih ada di wisma karantina.

“Dari 15 ribu sekian orang yang tadi telah kembali, baik di Bali maupun di Jakarta, ternyata banyak juga yang belum mau dipulangkan ke daerah asal. Tercatat di Wisma Karantina ada 783 WNI yang sudah melalui proses karantina, sudah dinyatakan negatif, harusnya mereka bisa pulang. Tetapi mereka minta tetap bertahan sampai dengan ada kepastian mereka akan kemana,” terang Doni Monardo.

Alasan mereka tetap bertahan dan tidak mau dipulangkan, dikarenakan mereka belum tahu pekerjaan atau kegiatan apa yang akan dilakukan di kampung halamannya. Bahkan ada sebanyak 202 PMI ada yang bertahan untuk mencari pekerjaan di Jakarta

“Karena sebagian besar dari mereka ini belum tahu apa kegiatan yang akan mereka lakukan. Termasuk kalau ke kampung halaman pun belum tentu mereka mendapatkan pekerjaan di kampung halaman. Ada sekitar 202 orang yang sampai sekarang masih bertahan, sasarannya untuk mencari kerja di Jakarta dan sekitarnya,” ungkap Doni Monardo. []

You may also like...