Sebentar Lagi Gerhana Datang, Jangan Melihat Dengan Mata Telanjang, Begini Penjelasannya

Prime Banner

JAKARTA – Gerhana Matahari Cincin diperkirakan akan datang sebentar lagi. Fenomena masuknya bulan dalam bayangan matahari hingga membuat permukaan matahari tertutup bulan adalah peristiwa astronomi.

Gerhana Matahari Cincin adalah peristiwa yang terjadi saat Matahari, Bulan, dan Bumi tepat berada di satu garis. Pada saat itu, piringan Bulan yang teramati dari Bumi akan terlihat lebih kecil daripada piringan Matahari.

Masyarakat pun pastinya penasaran dengan salah satu fenomena alam tersebut. Namun, sangat tidak disarankan untuk menyaksikan Gerhana Matahari Cincin dengan Mata telanjang.

Mengutip berbagai sumber penelitian, melihatnya dengan Mata telanjang dapat merusak Mata karena sinar matahari yang masuk. Kemudian memicu serangkaian reaksi kimia di retina, bagian sensitif di cahaya bagian belakang Mata.

Meski begitu, bukan berarti kita tidak bisa menikmati penampakan Gerhana Matahari Cincin. Ada cara aman yaitu dengan menggunakan bantuan alat seperti kacamata matahari, teropong atau teleskop, dan kamera DSLR dengan filter khusus matahari.

Tetap nekat melihatnya tanpa alat-alat di atas retina bisa rusak permanen. Lebih bahaya adalah proses cahaya kuat dari Matahari yang masuk ke Mata tidak disertai rasa sakit secara langsung. Membuat banyak orang tidak sadar bahwa Mata mereka sebenarnya mulai rusak.

 

Detik-Detik Awal Matahari di Langit Hong Kong Alami Gerhana

 

Dalam pemberitaan sebelumnya, di Indonesia, gerhana matahari akan bisa disaksikan dengan berbagai variasi waktu. Paling awal gerhana dapat dilihat pada pukul 13:17 WIB di daerah Banda Aceh. dan paling akhir, gerhana akan bisa dilihat di Ternate pada pukul 18:29 WIT.

Seluruh wilayah Indonesia akan bisa melihat Gerhana matahari kecuali :  1. Dua kota di Bengkulu 2. Tujuh kota di Lampung 3. 10 kota di Jawa Tengah 4. Tujuh kota di Jawa Timur 5. Semua kota di Jawa Barat kecuali Indramayu 6. Banten 7. DKI Jakarta 8. DI Yogyakarta.

Sedangkan di wilayah Hong Kong, gerhana matahari dapat disaksikan diseluruh wilayah Hong kong dan makau mulai pukul 14:37 siang waktu Hong kong dan berakhir pada pukul 17:24 waktu Hong Kong.

Puncak gerhana di kawasan Hong Kong dan Makau diperkirakan akan terjadi pada pukul 16:08. []

You may also like...