October 22, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sering Kemasukan Kasus Positif COVID-19 Impor, Otoritas Hong Kong Serukan Agar Warganya yang Positif Terinfeksi berada di Luar Negeri Untuk Tidak Kembali

1 min read
Dr.-Chuang-Tsuk-Kwan-dari-Pusat-Perlindungan-Kesehatan-CHP-Hong-Kong-Foto-HK01

Dr.-Chuang-Tsuk-Kwan-dari-Pusat-Perlindungan-Kesehatan-CHP-Hong-Kong-Foto-HK01

Prime Banner

HONG KONG – Gelombang kedatangan warga Hong Kong dari luar Hong kong setelah penerbangan kembali dibuka memicu pertambahan kasus positif baru COVID-19 dari jalur impor.

Hal tersebut tentu menjadi kekhawatiran tersendiri bagi otoritas Hong Kong kemungkinan akan menjadi sumber penularan baru didalam wilayah Hong Kong.

Terkini, dalam keterangan persnya otoritas Hong kong menyebutkan contoh seorang warga Hong Kong berusia 29 tahun yang baru kembali dari Inggris.

Di awal bulan Mei, pria tersebut dilaporkan mengalami sakit tenggorokan oleh otoritas kesehatan Inggris dan memerintahkan kepada pria tersebut untuk menjalani karantina di rumah tinggalnya di Inggris selama masa pemulihan setelah hasil labolatorium menunjukkan pria tersebut positif terinfeksi COVID-19.

Namun, pria tersebut justru mengambil penerbangan menuju Hong Kong dengan menggunakan CX252 dan pada hari Minggu (17/05/2020) kemarin tiba di Hong Kong. Pria tersebut saat ini sedang dalam perawatan di Prince Wales Hospital.

Chuang Shuk-kwan dari Centre for Health Protection mengingatkan, seseorang yang dites positif COVID-19 dapat menimbulkan ancaman bagi diri mereka sendiri dan orang lain di dalam pesawat atau perjalanan dan membahayakan orang orang di tempat tujuan.

Menyikapi hal tersebut, otoritas Hong kong mendesak kepada warganya yang berada di luar negeri dan diketahui positif terinfeksi COVID-19 agar menunda kepulangan mereka ke Hong Kong terlebih dahulu sampai benar-benar dinyatakan sehat. []

Advertisement