Setelah Menyapu Daratan Filipina, Typhoon Vongfong Mendekat ke Hong Kong

Prime Banner

HONG KONG – Depresi cuaca tropis yang membuat pergerakan bibit pusaran topan terdeteksi  lahir dari lautan lepas sebelah timur wilayah Filipina sejak 10 Mei 2020 kemarin. Depresi yang melahirkan bibit topan tersebut awalnya bergerak lambat di kecepatan 45 knot/jam.

Kini, setelah empat hari berjalan, topan yang dinamai VongFong atau tawon tersebut tengah bergerak di perairan timur Provinsi Capitol, Filipina dengan kecepatan 165km/jam.

Pantauan ApakabarOnline.com melalui Hong Kong Observatory, diperkirakan badai tersebut akan bergerak meninggalkan daratan beberapa provinsi di Filipina kemudian memasuki laut China Selatan.

Prediksi Hong Kong Observatori, saat berada di laut China Selatan, pusaran kepala topan Tawon diharapkan akan berbelok ke utara menuju Taiwan dan akan berhenti di wilayah perairan timur daratan Jepang.

Namun demikian, diprediksi mulai Sabtu sampai dengan Minggu, dampak dari pergerakan kepala Topan Tawon akan terasa di Hong Kong.  Pantauan Hong Kong Observatori menyebut, di hari Sabtu dan Minggu, akan turun hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat disertai petir dengan suhu udara minimum 27C hingga 33C.

Kepada seluruh PMI/WNI di Hong Kong, informasi tersebut diharapkan menjadi rambu untuk mengambil langkah antisipasi terutama saat menjalani hari libur pada Minggu 17 Mei 2020 akhir pekan nanti. []

You may also like...