Suntuk Karena Temenmu Hobi Banget Minjem Uang ?

Prime Banner

Masih ingat dengan nasihat zaman dulu yang sering diucapkan oleh orang tua, “Kalau cari teman jangan sembarangan, pilih-pilih dulu”, sepertinya semakin beranjak dewasa, nasihat ini makin benar.

Pasalnya, kalau salah pilih teman, bisa-bisa membawa hal buruk atau menyebalkan dalam hidup Anda. Salah satunya kalau berteman dengan yang suka pinjam uang.

Memang benar, membantu orang yang kesulitan itu baik. Namun, sayangnya teman yang suka pinjam uang ini sudah menjadikan hal ini sebagai kebiasaan, bukan karena kondisi mendesak.

Akibatnya, bukannya ingin membantu, kita justru sebal dibuatnya. Kalau sudah begini, daripada ‘tongkrongan bubar’, Anda sendiri yang harus pintar-pintar menghadapinya, seperti beberapa cara di bawah ini:

 

  1. Bawa uang pas

Tidak jarang teman yang kebiasaannya meminjam uang ini memanfaatkan situasi, misalnya saat Anda dan dia hang out bersama. Ia tidak segan meminta Anda untuk menambahkan kekurang uang makan atau minumannya. Anda sendiri juga sering kali merasa tidak enak. Atasi teman seperti ini dengan hanya membawa uang pas saja saat berkumpul dengannya. Otomatis Anda akan lebih mudah memberikan alasan untuk tidak meminjaminya uang.

 

  1. Jangan pergi berdua saja

Kalau Anda hendak pergi dengan teman yang suka pinjam uang, sebaiknya jangan pergi berdua. Jadi, di saat-saat ia akan meminjam uang, ia tidak akan mencoba meminjam pada Anda, tetapi bisa pada teman yang lain.

 

  1. Ingatkan untuk membawa uang

Bila Anda dan dia benar-benar sudah sangat dekat, tidak ada salahnya untuk langsung mengingatkan dia untuk membawa uang. Ini lebih baik dibanding Anda hanya menggerutu dalam hati.

 

  1. Pinjam balik

Bila situasinya sudah menyebalkan dan keterlaluan, tidak ada salahnya buat dia kapok. Caranya, coba pinjam uangnya. Lalu lihat bagaimana reaksinya, kemungkinan besar dia akan kapok meminjam, karena sudah pernah merasakan tidak enaknya meminjamkan uang. []

You may also like...