Super Typhoon Mangkhut dan Signal T 8-14, Berikut Hal Yang HARUS Dilakukan dan HARUS Dihindari

Prime Banner

HONG KONG – Seolah sudah menjadi bagian dari rangkaian musim panas di hong kong, bibit angin kencang selalu berhembus dari arah samudera Pasifik. Hembusan angin kncang dari samudera Pasific ini memiliki kekuatan yang beragam. Ada yang lemah, hingga saat sampai di Hong Kong berbentuk angin sepoi-sepoi saja, namun ada pula yang kuat, sehingga saat berhembus di Hong kong berupa terpaan badai dengan kekuatan yang mengerikan.

Otoritas Hong Kong memperlakukan rutinitas tersebut dengan penuh kewaspadaan demi keselamtan warganya. Update prakiraan hingga Peringatan cuaca selalu dikeluarkan setiap saat. Bukan hanya angin dan hujan saja, kelembaban udara, suhu udara bahkan hingga potensi bahaya yang menyertai secara rutin selalu diinformasikan kepada warganya.

Pun demikian halnya dengan saat berhadapan dengan angin topan, terlebih lagi dengan kekuatan yang sangat membahayakan keselamatan. Otoritas Hong Kong memberikan anjuran untuk warganya tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan, tentang apa saja yang harus dan dilarang dilakukan.

Perintah Rasulullah Saat Diterpa Topan Badai Adalah Berdzikir dan Berdoa

Bersiap menghadapi Super Typhoon Mangkhut yang diprediksi akan menerpa Hong Kong pada hari Minggu ini, sesuai dengan arahan otoritas Hong Kong, seluruh warga dan siapapun yang berada di Hong Kong dianjurkan untuk :

 

  1. Pulang ke rumah atau berada di tempat/bangunan terlindung yang aman.
  2. Mengamankan kondisi bangunan, salah satunya dengan menempelkan isolasi membentuk tanda silang pada setiap permukaan jendela kaca, memindahkan benda-benda yang mudah terbawa angin seperti pot bunga, gantungan jemuran, maupun benda lainj yang memiliki potensi yang bisa tertiup angin ke tempat yang terhindar dari terpaan, atau setidaknya menurunkan dari ketinggian.
  3. Memantau siaran berita, hal ini dimaksudkan agar bisa mengetahui update pergerakan potensi bahaya, utamanya memastikan tempat seseorang berada pada posisi aman atau rawan.
  4. Siapkan segala keperluan terkait logistik, peralatan darurat kesehatan, pastikan cadangan energi sudah tersedia (powerbank, lampu emergency, batterai gadget) mengantisipasi terjadinya gangguan aliran listrik.

 

Disamping 4 hal yang dianjurkan, saat terpaan topan berlangsung, siapapun orang yang berada di wilayah Hong Kong dilarang untuk :

 

  1. Bepergian ke pantai
  2. Mengunjungi pulau-pulau atau wilayah terpencil
  3. Pergi ke suatu tempat tanpa mencari tahu kondisi tempat yang akan dituju.

 

Anjuran dan larangan dibuat tentu bukan tanpa alasan. Penyusunan anjuran dan larangan, sudah pasti melewati proses pengkajian baik berdasarkan pengalaman objektif maupun kajian ilmiah. So, disamping mematuhi anjuran dan larangan diatas, bagi kalian yang berada di Hong Kong dan Makau, jangan lupa berdoa memohon keselamatan. [Asa]

You may also like...