Tegas, Masuk Kota Madiun Wajib Pakai Masker atau Putar Balik

Prime Banner

MADIUN – Peningkatan upaya untuk menanggulangi wabah virus corona semakin intensif dilakukan. Instruksi nasional, Presiden Joko Widodo kemarin (07/04/2020) mengeluarkan instruksi kepada seluruh warga Indonesia untuk mengenakan masker.

Penggunaan masker kini tak hanya disarankan untuk mereka yang sedang sakit. Semua warga yang keluar rumah diminta menggunakan masker demi memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Anjuran mengenai penggunaan masker bagi seluruh warga itu disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun meminta masker untuk warga betul-betul disiapkan.

“Kemudian karena terakhir saya melihat, membaca bahwa WHO menganjurkan agar semuanya memakai masker, saya minta juga penyiapan masker ini sekarang ini betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas, Senin (06/04/2020).

Jokowi mengatakan WHO awalnya menyarankan penggunaan masker hanya untuk mereka yang sakit. Namun, kata Jokowi, kini semua orang diharuskan memakai masker untuk pencegahan penularan virus Corona.

“Kia ingin setiap warga yang harus keluar rumah itu wajib memakai masker karena di awal WHO menyampaikan yang pakai masker itu hanya yang sakit yang sehat nggak tapi sekarang nggak, semua yang keluar rumah harus pakai masker,” ujar dia.

Di Kota Madiun, aturan wajib mengenakan masker telah diterapkan.

Pantauan ApakabarOnline.com di beberapa titik masuk kota Madiun yang dipasangi penjagaan memperlihatkan, personil petugas melakukan razia bagi siapa saja pengguna jalan yang tidak mengenakan masker.

Pengguna jalan yang tidak mengenakan masker, dengan tegas ditolak masuk kota Madiun.  Imbasnya, banyak pengendara motor terpaksa putar balik karena tidak mengenakan masker. []

You may also like...