Tiga Walikota dan Bupati di Indonesia Positif Terinfeksi Corona

Prime Banner

JAKARTA – Virus corona bisa memapar dan menginfeksi siapa saja tanpa pandang bulu. Mereka yang memiliki resiko tinggi tertular dan terinfeksi, memiliki peluang yang tinggi pula untuk menderita infeksi virus corona.

Mengutip berbagai pemberitaan media masa, di Indonesia sampai dengan hari ini telah ada tiga kepala daerah Bupati dan Walikota yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau yang oleh WHO namanya dibakukan menjadi COVID-19.

Mereka adalah Walikota Bogor, Bima Arya, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, dan Bupati Karawang Cellica Nurrachadian. Ketiganya berada di daerah Jawa Barat.

Mengutip Kumparan.com, Kabar Wali Kota Bogor Bima Arya dinyatakan positif terinfeksi virus corona disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor dr Sri Nowo Retno.

“Pada hari Kamis sore kemarin tanggal 19 Maret 2020, Wali Kota Bogor Bima Arya telah menerima hasil tes swab yang menunjukkan positif COVID-19,” kata Retno kepada wartawan, Jumat 20 Maret 2020.

Sebelumnya, Bima Arya dan rombongan tiba di Indonesia pada Senin 16 Maret 2020, setelah melakukan kunjungan kerja ke Turki, dan Azerbaijan.

Selain itu, dia sempat mengatakan akan mengisolasi diri selama 14 hari ke depan sesuai aturan Kemenkes untuk mencegah virus corona.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana dinyatakan positif COVID-19 setelah mengalami demam dan menjalani tes corona beberapa hari lalu.

“Saya, Yana Mulyana, Wakil Wali Kota Bandung, setelah mengalami demam dan melakukan tes corona, COVID-19, beberapa hari lalu dan hari ini hasilnya telah keluar dan menyatakan saya positif COVID-19,” kata Yana Mulyana dalam akun Instagramnya, Senin 23 Maret 2020.

Yana menyebut, ia sudah melakukan isolasi diri selama 11 hari dan akan melanjutkan proses tersebut beberapa hari ke depan hingga pulih. Ia pun meminta doa kepada seluruh masyarakat agar ia bisa segera sembuh dan beraktivitas.

“Saya melakukan isolasi dan insyaallah, mohon doa dari semuanya, terima kasih,” pintanya.

Sedangkan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dinyatakan positif corona dikonfirmasi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Pertama, saya sampaikan breaking news dulu bahwa ada satu lagi kepala daerah di Jabar yang sudah lakukan tes dan hasilnya positif, yaitu Bupati Karawang ibu Cellica,” ujar Ridwan Kamil, Selasa Selasa 24 Maret 2020..

“Ibu Cellica tadi berikan informasi yang sudah saya juga tahu,” lanjut Ridwan Kamil.

Sebelumnya, Bupati Cellica dan tiga pejabat di Kabupaten Karawang Jawa Barat merasa waswas terpapar corona. Sebab mereka pernah berinteraksi dengan sejumlah orang yang disinyalir positif corona di acara Musyawarah Daerah HIPMI Jabar dua pekan lalu di Hotel Swiss Bell Inn Karawang. Acara itu digelar pada Senin (09/03/2020).

Cellica menuturkan, pada acara Senin (09/03/2020) ia duduk di kursi VIP, satu baris dengan Yana Mulyana, Wakil Wali Kota Bandung yang dinyatakan positif corona. Cellica nampak bertegur sapa dengan Yana termasuk dengan sejumlah pejabat Pemprov Jabar yang disebut-sebut positif corona. []

You may also like...

Leave a Reply