“With You Christmas Shop” Unjuk Rasa yang Berbuntut Bentrokan Hingga Pagi Buta

Prime Banner

HONG KONG – Entah bagaimana awalnya, gelaran unjuk rasa dengan tajuk “With You Christmas Shop” yang digelar di beberapa mall kawasan Hong Kong dan Kowloon berawal damai, ujung-ujungnya berbuah bentrokan dan kekerasan.

“With You Christmas Shop” memicu bentrokan yang terjadi di lebih dari sembilan kawasan secara bersamaan. Paling parah terjadi di Mong Kok hingga menjelang waktu Adzan Subuh berkumandang.

Sejumlah orang ditangkap petugas keamanan di tengah aksi kerusuhan. Tembakan gas air mata yang diharapkan bisa membuat pengunjuk rasa bubar, ternyata tidak dihiraukan. Pecahnya bentrokan antara pengunjuk rasa dengan aparat keamanan semakin sengit tidak bisa dihindarkan.

Beberapa kawasan jalanan utama di Mong Kok menjadi sasaran. Minggu (15/12/2019) tengah malam menjelang pergantian hari, pertemuan antara Nathan Road dengan Shandong Street di Mong Kok diblokade masa dengan membakar benda-benda ditengah jalan. Aksi tersebut dilakukan, diduga untuk menghentikan pergerakan pasukan anti huru hara agar tidak mendekat ke garis pertahanan demonstran.

Dini hari (16/12/2019), kobaran api di tengah persimpangan Nathan Road dengan Shandong Street kian membesar. Pengunjuk rasa melanjutkan aksinya dengan merusak berbagai fasilitas publik yang ada. Lampu lalu lintas salah satunya.

Tak ketinggalan, pintu stasiun MTR yang terletak di Argyle Street, Mong Kok kembali menjadi sasaran. Pembakaran berikut pengrusakan pintu keluar dilakukan demonstran menjelang pagi datang.

Kawasan Dundas Street Mong Kok menyusul menjadi titik blokade dengan membakar benda-benda di tengah jalan.

Menjelang subuh, ketegangan baru mereda. Suara teriakan pengunjuk rasa berangsur menghilang. Bunyi letupan sejata Polisi sudah tidak terdengar. Berganti dengan pasukan pemadam kebakaran yang sibuk memadamkan api di beberapa kawasan.

Kepada seluruh PMI/WNI di Hong Kong, eskalasi di Hong Kong masih sulit diprediksi. Kerusuhan dan bentrokan potensial masih tetap terjadi di luar dugaan dalam berbagai agenda demonstrasi. Dihimbau agar tidak melibatkan diri dan tetap berada di posisi yang aman agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. []

You may also like...